Advertisement

10 Soft Skill Ini Penting Dimiliki Agar Karir Sukses

Nur Afifah Azahra Aulia
Senin, 13 Mei 2024 - 10:27 WIB
Ujang Hasanudin
10 Soft Skill Ini Penting Dimiliki Agar Karir Sukses Ilustrasi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Selain pengetahuan akademis, Soft skill atau kemampuan individu juga penting dalam mengembangkan karir di dunia kerja.

Banyak orang rela mengeluarkan uang untuk melatih soft skill yang dimilikinya, agar lebih siap menghadapi setiap tantangan di lingkungan kerja.

Advertisement

Dilansir dari uk.indeed.com dan eseibusinesschool.com, Senin (13/5/2024) banyak soft skill yang bisa dilatih mulai dari kemampuan berbicara hingga penyelesaian masalah.

Berikut Soft Skill yang Harus Dikuasai di Dunia Kerja:

1. Komunikasi

Komunikasi menjadi soft skill dasar yang harus dimiliki semua orang ketika masuk dunia kerja. Keterampilan komunikasi yang baik bisa mempermudah dalam mengungkapkan pikiran dan ide untuk mengembangkan perusahaan.

Berikut soft skill komunikasi yang bisa dilatih

  • Komunikasi verbal: Anda bisa melatihnya dengan berbicara kepada orang lain di tempat kerja, termasuk orang-orang di berbagai tingkat organisasi.
  • Komunikasi nonverbal: softskill ini mencakup kemampuan memahami bahasa tubuh, menjaga kontak mata yang tepat, mengatur nadasuara dan kosa kata, serta menggunakan gerak tubuh untuk menunjukkan keterlibatan.
  • Komunikasi tertulis: Anda dapat berlatih menggunakan komunikasi tertulis dalam mengirimkan email perusahaan ke pihak yang dituju.
  • Komunikasi audio-visual: keterampilan dapat dilatih ketika menggunakan alat visualisasi digital seperti tayangan slide dan video saat memberikan presentasi atau bekerja di industri tertentu, seperti industri desain.
  • Mendengarkan secara aktif: Anda dilatih untuk lebih fokus pada apa yang dikatakan pembicara, menyimpan lebih banyak informasi, dan mengkonfirmasi dengan pertanyaan lanjutan bahwa Anda memahami ide dan instruksi mereka.

2. Kerja sama tim

Anda wajib memiliki soft skill kerja tim yang baik yakni mencakup kemampuan berhubungan, berkomunikasi, dan berkolaborasi dalam mencapai tujuan. Keterampilan ini dapat membantu dalam menyelesaikan tugas tim dengan lebih efisien, mengelola konflik, dan membangun relasi lebih luas.

3. Pemecahan masalah

Perusahaan seringkali menghadapi masalah kompleks seperti menentukan biaya layanan, cara menyusun tim, cara berinteraksi dengan lebih banyak pelanggan, atau cara terbaik untuk menciptakan produk. Individu yang memiliki kemampuan pemecahan masalah akan mampu bekerja secara kreatif memikirkan dan mengevaluasi berbagai kemungkinan solusi.

BACA JUGA: Ingin Sukses saat Mencari Pekerjaan? Jangan Abaikan CV dan Profil

4. Berpikir kritis

Berpikir kritis merupakan keterampilan menganalisis fakta untuk mengambil keputusan. Soft skill ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk mengembangkan produk dan mencari solusi atas permasalahan yang terjadi.

Berikut aspek berpikir kritis

- Penelitian dan analisis data

- Mempertimbangkan semua kemungkinan pilihan dan hasil

- Mengelola dan memikirkan risiko dan keuntungan

5. Sikap positif

Sikap positif artinya tetap optimis dalam bekerja apapun tugas yang diberikan. Orang yang mempunyai keterampilan ini cenderung memiliki motivasi diri cukup tinggi dalam lingkungan kerja. Karena, perusahaan lebih mempertahankan karyawan yang memiliki motivasi tinggi dan tangguh dalam bekerja.

6. Manajemen waktu

Perusahaan cenderung mencari karyawan yang memiliki manajemen waktu yang baik, agar tugas yang diberikan dengan deadline berdekatan bisa diselesaikan tepat waktu tanpa mengalami gangguan apapun.

7. Kemampuan beradaptasi

Skill beradaptasi digunakan untuk mengubah cara berpikir dan bertindak dalam menghadapi suatu permasalahan. Selain itu, orang yang memiliki kemampuan adaptasi yang baik jauh lebih mudah membangun relasi ke perusahaan lainnya sehingga citra perusahaan baik di mata rekan bisnis.

8. Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan mengenali dan mengelola emosi baik dalam diri sendiri maupun orang lain. Keterampilan ini melibatkan empati, kesadaran diri, dan kemampuan untuk menangani hubungan interpersonal dengan bijak.

9. Keterampilan kepemimpinan

Anda dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan dengan cara memotivasi, menginspirasi, dan mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, skill ini dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasi, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah.

10. Kreativitas

Perusahaan sangat membutuhkan karyawan dengan kreativitas tinggi agar dapat menciptakan inovasi baru yang berbeda dari perusahaan lainnya. Kreativitas dapat dilatih melalui pengamatan lingkungan tempat kerja, mempelajari wawasan baru, mengidentifikasi peluang dan tantangan, serta menanamkan rasa ingin tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement