Advertisement

Ingin Kulit Terlihat Segar? Lakukan 8 Langkah Perawatan Ini

Newswire
Selasa, 06 Agustus 2024 - 09:37 WIB
Ujang Hasanudin
Ingin Kulit Terlihat Segar? Lakukan 8 Langkah Perawatan Ini Ilustrasi bercak hitam di kulit wajah. - Getty Images \\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Memiliki kulit yang bersih dan halus merupakan dambaan banyak orang sehingga tidak sedikit melakukan berbagai perawatan kulit. 

Perawatan kulit rutin yang efektif merupakan komponen utama dalam upaya menghadirkan kulit wajah segar, yang dapat membantu meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri di tempat kerja.

Advertisement

Dokter ahli dermatologi Rickson Pereira dari Dermatherapie Clinic di India membagikan kiat perawatan kulit rutin yang dapat dijalankan oleh para profesional.

Berikut rekomendasi langkah-langkah perawatan kulit rutin bagi para profesional sebagaimana disampaikan oleh dokter Pereira kepada Hindustan Times pada Senin (5/8/2024) :

1. Mulai dengan rutinitas solid

Bersihkan kulit wajah dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Gunakan pembersih yang lembut untuk menghilangkan kotoran dan minyak tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit.

Setelah itu, gunakan penyegar yang dapat membantu menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkannya untuk langkah perawatan berikutnya. Pilih formula bebas alkohol untuk mencegah kulit kering.

Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit, jel ringan untuk kulit berminyak dan krim untuk kulit kering.

Jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau yang berspektrum lebih luas setiap hari, termasuk ketika berada di dalam ruangan, untuk melindungi kulit dari dampak sinar UV

2. Hidrasi kulit

Menggunakan produk perawatan untuk menghidrasi kulit dapat memberikan manfaat tambahan. Produk yang mengandung bahan seperti asam hialuronat, gliserin, dan ceramide dapat membantu mengunci kelembapan dan menjaga kulit tetap segar dan berseri.

3. Mata juga memerlukan perawatan

Kulit halus di sekitar mata sering kali menjadi area pertama yang menunjukkan tanda-tanda kelelahan dan penuaan.

Gunakan krim mata untuk mengatasi masalah seperti munculnya lingkaran hitam, bengkak, dan garis-garis halus di sekitar mata.

BACA JUGA: Pakar Ingatkan Anak Muda Peduli Kesehatan Kulit Wajah

Krim yang mengandung unsur seperti kafein, vitamin C, dan peptida dapat membantu mencerahkan dan mengencangkan area di bawah mata, membuat wajah tampak lebih segar.

4. Eksfoliasi teratur

Melakukan eksfoliasi satu sampai dua kali seminggu menggunakan scrub lembut atau eksfoliator kimia yang mengandung asam alfa hidroksi (AHA) atau asam beta hidroksi (BHA) dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya.

5. Istirahat cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam pada mata serta wajah bengkak dan kulit kusam. Sebaiknya mengusahakan tidur berkualitas selama tujuh sampai sembilan jam setiap malam agar kulit tampak segar dan muda. Jadwal tidur yang teratur juga dapat membantu mengatur proses perbaikan alami kulit.

6. Kelola stres

Stres dapat memengaruhi kesehatan kulit. Penerapan teknik manajemen stres seperti olahraga, meditasi, atau latihan pernafasan selama beberapa menit setiap hari bisa membantu menjaga kulit tetap sehat.

7. Riasan minimal

Sebaiknya memilih riasan yang menonjolkan fitur wajah tanpa terlihat berlebihan. Alas bedak ringan atau krim BB, sedikit maskara, dan pewarna bibir netral sudah dapat membantu memperbaiki penampilan. Jangan lupa untuk menggunakan semprotan atau bedak yang dapat membantu riasan bertahan selama bekerja.

8. Makan makanan bergizi

Diet seimbang dengan makanan kaya vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan kulit. Sertakan buah-buahan, sayuran, protein rendah lemak, dan lemak sehat dalam santapan untuk menyediakan nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement