Advertisement

Agar Awet Muda Biasakan Tetap Aktif, Ini Tipsnya

Yoga Al Kemal
Jum'at, 19 Juli 2024 - 23:37 WIB
Maya Herawati
Agar Awet Muda Biasakan Tetap Aktif, Ini Tipsnya Jalan kaki / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAKebiasaan-kebiasaan baik dan menyehatkan bisa membuat Anda awet muda. Seperti dikutip dari laman geediting.com, ini bukan tentang diet yang aneh atau perawatan kecantikan yang mahal.

Ini tentang mengubah perilaku berdasarkan apa yang dikatakan para psikolog. Simak kebiasaan yang dapat dilakukan agar tampak lebih muda:

Advertisement

Tetap Aktif Berkegiatan

Menurut psikologi, salah satu perilaku utama untuk terlihat dan merasa lebih muda adalah tetap aktif. Aktivitas teratur juga dapat meningkatkan suasana hati dan tingkat energi, sehingga dapat membuat seseorang merasa lebih muda.

Hanya dengan melakukan lebih banyak gerakan ke dalam rutinitas harian, seseorang dapat menghasilkan perbedaan signifikan.

Memilih berjalan kaki daripada mengemudi dan menggunakan tangga daripada lift adalah bentuk perubahan yang mungkin tampak kecil, tetapi memiliki dampak yang sangat besar.

Tetap Aktif Berpikir

Psikolog menyarankan bahwa pembelajaran berkelanjutan (continuous learning) adalah perilaku utama untuk menjaga seseorang agar tetap awet muda.

Belajar menjaga pikiran tetap tajam dan membuka perspektif baru adalah sumber alami untuk awet muda.

Sehingga untuk merasa lebih muda, jangan segan untuk mencari peluang belajar yang baru. Baik bermain catur dengan strategi, mempelajari bahasa baru, ataupun menekuni hobi baru lainnya.

BACA JUGA: Darurat Sampah, Pemkab Bantul Minta Izin Buang Sampah ke TPA Piyungan

Pertahankan Sikap Positif

Psikolog menunjukkan sikap positif dalam membuat seseorang merasa lebih muda dan dengan mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan para peneliti di Universitas Yale yang menemukan bahwa orang berpandangan positif hidup rata-rata 7,5 tahun lebih lama daripada mereka yang berpandangan negatif.

Bersosialisasi

Psikolog menunjukkan bahwa menjaga hubungan sosial yang kuat dapat berkontribusi secara signifikan dalam menjaga seseorang untuk merasa awet muda.

Hal ini karena hubungan sosial yang kuat dapat meningkatkan rasa memiliki sehingga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang.

Hubungan sosial tersebut dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti masuk dalam komunitas tertentu, liburan bersama teman, mengadakan reuni dengan teman lama, dan lain sebagainya.

Bersyukur

Psikolog mengatakan bahwa baik remaja maupun orang dewasa, sebaiknya mempraktikkan rasa syukur karena memiliki peran penting dalam menjaga seseorang tetap awet muda.

Bersyukur dapat mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan mendorong pandangan hidup yang lebih positif. Bentuk dari rasa syukur itu sendiri dapat berbentuk kecil maupun hal besar.

Istirahat yang Cukup

Tidur sangat penting bagi tubuh dan biisa membuat seseorang terlihat lebih muda. Tidur dengan porsi yang cukup dan berkualitas dapat memberikan waktu kepada tubuh untuk memperbaiki bentuk dan energi yang sudah digunakan seharian.

Hal tersebut sangat penting bagi seseorang guna mendapatkan suasana hati yang baik dan mempertajam pikiran yang akan digunakannya selama sehari ke depan.

Makan Tetap Seimbang

Psikolog menunjukkan bahwa menjaga pola makan seimbang berperan penting dalam menjaga kita tetap awet muda.

Pola makan sehat tidak hanya menjaga tubuh kita berfungsi dengan baik, tetapi juga mempengaruhi suasana hati dan tingkat energi kita.

Pola makan yang dimaksud termasuk air mineral untuk menjaga tetap hidrasi dan menjaga kulit tetap segar.

Melansir dari laman parade.com, terdapat beberapa makanan yang dapat dikonsumsi demi menjaga diri tetap awet muda, yang di antaranya adalah buah blueberry, teh hijau, sayur bayam, ikan salmon, kacang-kacangan, buah alpukat, dan masih banyak lainnya.

Tertawa

Tertawa adalah salah satu cara terampuh untuk menjaga seseorang dari penuaan dini. Tertawa melepaskan endorfin, yaitu zat kimia alami yang membuat tubuh merasa senang. Selain itu, endorfin juga merupakan pereda stres alami.

Tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan aliran darah seseorang, serta membantunya merasa lebih rileks sehingga mendapatkan kualitas istirahat terbaik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Ingatkan Pemda Beri Perhatian Kawasan Rawan Bencana

News
| Sabtu, 07 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement