Advertisement

Jaga Tulang Anda Agar Tidak Cepat Renta, Simak Tipsnya

Novita Sari Simamora
Minggu, 30 Juni 2024 - 20:07 WIB
Maya Herawati
Jaga Tulang Anda Agar Tidak Cepat Renta, Simak Tipsnya Vitamin - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAMenjaga kesehatan tulang sangat penting agar tidak cepat renta di usia 30an. Asupan kalsium dan vitamin D harus dijaga.

Dilansir dari Wionews, Sabtu (29/6/2024), seiring bertambahnya usia, orang-orang yang kekurangan nutrisi dan kalsium memiliki risiko patah tulang. Sebab, terjadi ketidakseimbangan antara jumlah pembentukan tulang baru dan kerusakan tulang, sehingga menyebabkan penyakit yang disebut osteoporosis (tulang lemah dan keropos).

Advertisement

Suplemen kalsium dan vitamin D yang cukup bisa mencegah osteoporosis. Adapun sumber kalsium dari makanan meliputi susu, yoghurt, keju, sayuran berdaun hijau, dan makanan yang diperkaya seperti sereal.

Kalsium berguna untuk membentuk molekul yang disebut hidroksiapatit, yang memberikan kekuatan pada tulang. Selain itu, tulang bertindak sebagai reservoir kalsium dan menjaga tingkat kalsium dalam darah tetap stabil, yang diperlukan untuk berbagai fungsi lainnya.

Biasanya penyerapan nutrisi lansia akan berkurang, karena penyerapan kalsium dari makanan juga berkurang, dan ditambah dengan perubahan hormonal, hal ini menyebabkan melemahnya tulang. Secara umum, orang lanjut usia membutuhkan sekitar 1000–1200 mg kalsium dalam makanannya per hari. Suplemen sering kali diperlukan untuk memenuhi kebutuhan ini.

BACA JUGA: 28 WNA Terdampar di Pantai Sukabumi, Polisi: Tak Ada Satupun Punya Paspor

Umumnya suplemen dikonsumsi bersama makanan. Dokter Anda akan meresepkan suplemen dalam dosis yang memadai dan dapat mengganti jenis atau merek lain jika menimbulkan efek samping seperti gangguan lambung dan sembelit.

Vitamin D sebenarnya berfungsi sebagai menjaga keseimbangan hormon. Berbeda dengan kalsium, sejumlah vitamin D dapat diproduksi oleh tubuh manusia. Proses ini dimulai di kulit dan membutuhkan sinar Matahari.

Orang lanjut usia membutuhkan antara 800 dan 1.000 Unit Internasional (IU) vitamin D per hari. Salah satu fungsi terpenting vitamin D adalah meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan. Hal ini juga diperlukan untuk berfungsinya otot.

Sumber makanannya antara lain susu dan produk susu, susu kedelai, ikan, dan lain-lain. Seiring bertambahnya usia, sintesis vitamin D di dalam tubuh berkurang, mengakibatkan gangguan penyerapan kalsium dari makanan dan karenanya melemahnya tulang atau osteoporosis.

Vitamin D bisa dibeli di toko obat dan juga dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter. Dokter Anda dapat memandu Anda dalam membuat pilihan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

GA-6239 Rute Solo-Jeddah Alami Kendala Teknis di Mesin, Dirut Garuda: Kami Siapkan Pesawat Pengganti

News
| Rabu, 03 Juli 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement