Advertisement

Olahraga Sore Bisa Bantu Kendalikan Kadar Gula Darah

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 02 Juni 2023 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Olahraga Sore Bisa Bantu Kendalikan Kadar Gula Darah Ilustrasi Cek Gula Darah - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Demi mencegah penyakit diabetes, sangat disarankan untuk melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Riset menunjukkan kadar gula darah dalam tubuh dapat dikendalikan dengan olahraga pada waktu tertentu.

Hasil riset yang telah terpublikasi di Diabetes Care oleh para peneliti dari Brigham and Women's Hospital dan Joslin Diabetes Center memaparkan berolahraga pada sore hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes tipe 2.

Advertisement

"Dalam riset ini kami menemukan bahwa orang dewasa penderita diabetes tipe 2 memiliki peningkatan terbaik dalam mengendalikan kadar glukosa ketika fisik mereka aktif pada sore hari," ujar Jingyi Qian, salah satu peneliti dari Brigham.

"Kami paham bahwa aktivitas fisik itu menguntungkan tetapi yang ingin riset kami tambahkan adalah pemahaman baru bahwa waktu aktivitas juga penting," tambahnya.

Para peneliti menganalisis aktivitas fisik 2.400 partisipan pada tahun pertama dan keempat mereka, dengan merekam aktivitas fisik melalui alat bernama akselerometri yang terpasang pada pinggang para partisipan.

Baca juga: Heboh, Jaehyun NCT Berganti Nama Menjadi Jamal

Setelah satu tahun berlalu data dari percobaan tersebut menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar gula darah terbesar saat penderita diabetes berolahraga pada sore hari.

Data kemudian dibandingkan dengan data pada tahun keempat, Sekelompok pasien yang aktif secara fisik di sore hari menunjukkan penurunan kadar gula tubuh yang konstan. Bahkan mereka memiliki potensi yang lebih tinggi untuk berhenti atau mengurangi perawatan diabetes.

"Waktu terlihat berpengaruh. Kedepannya kami mungkin akan memiliki data dan bukti eksperimen lebih banyak bagi penderita untuk memberikan rekomendasi lebih personal," kata Roeland Middelbeek, peneliti dari Joslin Diabetes Center.

Penelitian yang dilakukan dengan metode observasi ini masih memerlukan riset lebih lanjut untuk menjelaskan lebih dalam terkait proses bagaimana waktu tertentu dapat memengaruhi pengendalian penyakit kadar gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement