Advertisement

Salah Waktu Minum Obat, Kolesterol Bisa Semakin Tinggi!

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 17 Mei 2022 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Salah Waktu Minum Obat, Kolesterol Bisa Semakin Tinggi! Obat kolesterol Statin

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mengonsumsi obat kolesterol jenis statin pada waktu yang tidak tepat justru dapat 'secara signifikan' meningkatkan kolesterol.

STATIN mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol tinggi. Untuk mengoptimalkan manfaatnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi statin pada waktu tertentu dalam sehari. Satu studi bahkan menyarankan Anda dapat meningkatkan kadar kolesterol jika Anda mengonsumsi obat penurun kolesterol pada titik tertentu dalam sehari.

Advertisement

Statin adalah sekelompok obat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL) dalam darah. Kolesterol LDL merupakan faktor risiko yang signifikan untuk penyakit jantung karena menempel pada dinding arteri Anda. Penelitian yang dipublikasikan di BMJ menunjukkan bahwa mengonsumsi statin di malam hari lebih baik daripada di pagi hari.

Faktanya, mengonsumsi statin di pagi hari dapat menyebabkan peningkatan kolesterol yang "signifikan", menurut penelitian tersebut.

"Keraguan telah dilemparkan pada apakah statin perlu diambil pada malam hari, terutama karena banyak pasien juga menerima pengobatan dengan obat kardioprotektif lainnya dan kepatuhan dapat dikompromikan dengan beberapa dosis," tulis para peneliti studi tersebut dilansir dari Express.

Baca juga: 5 Buah Ini Manjur Turunkan Kolesterol Usai Lebaran

Mereka berusaha untuk menentukan apakah penggunaan simvastatin di pagi hari memiliki efisiensi yang berbeda secara signifikan dari meminumnya di malam hari, dengan mengukur konsentrasi kolesterol dalam serum pasien puasa.

Simvastatin adalah salah satu jenis utama statin yang diresepkan.

Para peneliti mengacak 27 pria dan 33 wanita dengan usia rata-rata 66 tahun yang mengonsumsi obat di pagi atau sore hari.

Dosis pagi adalah sampel darah antara 8:30 dan 9:30.

Mereka mengukur profil lipid darah puasa pada awal dan pada delapan minggu.

Pasien yang diacak untuk dosis di pagi hari diberitahu untuk tidak menghilangkannya pada hari sampel darah tindak lanjut.

Ukuran hasil utama adalah perubahan konsentrasi kolesterol total puasa antara awal dan tindak lanjut.

Para peneliti berasumsi bahwa profil lipid pasien ini tidak akan berubah antara awal dan tindak lanjut.

Namun, "mengganti penggunaan simvastatin dari malam hari ke pagi hari menghasilkan peningkatan yang signifikan secara statistik pada kolesterol lipoprotein densitas rendah dan total", tulis mereka.

Para peneliti mengatakan: "Simvastatin mungkin paling baik dikonsumsi pada malam hari karena konsentrasi kolesterol total dan lipoprotein densitas rendah secara signifikan lebih besar ketika dikonsumsi di pagi hari.

"Simvastatin adalah statin yang paling banyak diresepkan di Inggris, dan temuan ini berimplikasi pada kepatuhan dalam mencegah penyakit jantung koroner."

Mereka menambahkan bahwa "tidak adanya efek serupa dengan atorvastatin dapat dijelaskan dengan waktu paruh eliminasi yang lebih lama".

Atorvastatin adalah jenis statin umum lainnya yang diresepkan di Inggris.

Efek samping statin

Banyak orang yang menggunakan statin tidak mengalami atau sangat sedikit efek sampingnya.

"Yang lain mengalami beberapa efek samping yang mengganggu, tetapi biasanya kecil, seperti diare, sakit kepala atau merasa sakit," memperingatkan NHS.

Menurut badan kesehatan, dokter Anda harus mendiskusikan risiko dan manfaat mengonsumsi statin jika ditawarkan kepada Anda.

Penting untuk dicatat bahwa risiko efek samping apa pun juga harus seimbang dengan manfaat mencegah masalah serius.

Sebuah tinjauan studi ilmiah tentang efektivitas statin yang ditemukan sekitar satu dari setiap 50 orang yang minum obat selama lima tahun akan menghindari kejadian serius, seperti serangan jantung atau stroke, sebagai akibatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement