Advertisement

Gondongan Merebak, Dokter Spesialis Anak RS Dr Sardjito Beberkan Pencegahan Penularannya

Catur Dwi Janati
Selasa, 22 Oktober 2024 - 10:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Gondongan Merebak, Dokter Spesialis Anak RS Dr Sardjito Beberkan Pencegahan Penularannya Ilustrasi anak kena gondongan. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Selama Agustus hingga September 2024, banyak anak-anak terpapar parotitis atau gondongan. Hal ini menjadi perhatian penting untuk menjaga kesehatan anak.

Gondongan merupakan infeksi yang terjadi pada kelenjar ludah yang letaknya ada di bawah daun telinga. Meski bisa sembuh dengan sendirinya, komplikasi pada tingkatan yang berat dapat berakibat fatal bagi penderitanya.

Advertisement

BACA JUGA: Penyakit Tidak Menular pada Anak Meningkat, Pengamat: Saatnya Membuat Regulasi Jajanan Olahan!.

Dokter Spesialis Anak RSUP Dr. Sardjito, Rr. Ratni Indrawanti, menjelaskan infeksi penyebab gondongan disebabkan oleh virus bernama paramyxovirus. Penderita yang mengalami gondongan disebut Ratni akan merasakan gejala 16–18 hari lamanya. 

Pada 2–3 hari pertama pasca terinfeksi, gejala yang mungkin muncul berupa demam, pusing, badan tidak nyaman, bahkan terkadang disertai batuk atau muntah. Gejala selanjutnya yang biasanya terlihat ialah pembesaran pada kelenjar ludah yang terasa sakit. 

"Pembesaran ini berlangsung 5–7 hari dan bisa terjadi di dua sisi leher. Setelahnya gondongan akan mengecil dengan sendirinya," jelas Ratni pada Senin (21/10/2024).

Sekalipun mayoritas kasus dapat sembuh dengan sendirinya, gondongan dapat menyebabkan komplikasi yang berakibat fatal. "Jika menjalar sampai otak, bisa menyebabkan radang otak," lanjut Ratni.

Beberapa gejala yang lebih parah, infeksi ini menimbulkan kejang hingga penurunan kesadaran. Bahkan komplikasi lainnya dari infeksi ini bisa menimbulkan pneumonia dan pankreatitis atau peradangan pada pankreas.

Pada usia remaja atau dewasa, komplikasi yang berat dari infeksi ini bisa menyebabkan orchitis atau peradangan testis pada laki-laki dan ovaritis atau peradangan ovarium pada wanita. Bila menjangkiti ibu hamil, komplilasi berat yang terjadi bahkan bisa berakibat pada keguguran.

"Ibu hamil juga turut terancam komplikasi berat hingga berakibat pada keguguran, terutama jika terjangkit saat usia kehamilan kurang dari 12 minggu," tegasnya.

Meski ancaman gejala yang ditimbulkan beragam, sayangnya penularan gondongan dijelaskan Ratni tergolong mudah. Sebagian besar penularan gondongan terjadi melalui droplet atau cipratan liur. Droplet ini biasanya keluar saat bersin, berteriak atau batuk. 

Tak sampai di situ, virus yang berada dalam droplet selanjutnya punya kemampuan untuk tetap hidup selama beberapa jam. Kemampuan tersebut kemudian memungkinkan terjadinya penularan tidak langsung. Penularan tidak langsung ini akan terjadi apabila seseorang menyentuh droplet yang ada di permukaan benda, lalu menyentuh hidung atau mulut. Karenanya, 

Melihat cara penularannya, Ratni menyarankan agar penderita yang menderita gondongan untuk menjalani isolasi selama lima hari terhitung sejak mulai timbul gejala demam. Selanjutnya untuk langkah preventif, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) wajib diterapkan agar virus segera mati dan tidak menyebar. Langkah kedua bisa dilakukan melalui pemberian vaksin MMR.

"Ini adalah vaksin kombinasi, bisa untuk mencegah tiga penyakit, jika pernah terjangkit gondongan dengan dibuktikan oleh tes antibodi, maka vaksinasi MMR boleh tidak diberikan," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Profil Mari Elka Pangestu, Mantan Menteri SBY Kini Jadi Staf Khusus Presiden Prabowo

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 15:02 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement