Advertisement

Film Srimulat Hidup Memang Komedi: Pemeran Butuh 3 Bulan Menjiwai Karakter Orang Jawa

Sunartono
Rabu, 22 November 2023 - 08:37 WIB
Sunartono
Film Srimulat Hidup Memang Komedi: Pemeran Butuh 3 Bulan Menjiwai Karakter Orang Jawa Para pemeran film Srimulat: Hidup Memang Komedi. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Para pemeran film Srimulat 2: Hidup Memang Komedi berbagi pengalaman tantangan selama proses menjalani syuting. Salah satunya kendala mereka harus berlatih berbulan-bulan untuk bisa menjiwai sebagai orang Jawa. Hal ini tidak lepas dari para sosok yang mereka perankan adalah grup lawak legendaris dengan anggotanya berasal dari Jawa Tengah.

Erika Carlina mengaku butuh waktu sekitar tiga bulan baginya untuk menjiwai sebagai peran Djujuk yang merupakan istri dari pendiri Aneka Ria Srimulat, Timbul dengan logat dan gerak gerik khas Jawa-nya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena sebagian besar pemeran merupakan orang luar Jawa. Menurutnya upaya membuang kebiasan cara berkomunikasi gaya metropolitan menjadi model orang Jawa butuh proses yang tidak singkat.

Advertisement

BACA JUGA : Festival Sinema Prancis Hadir Lagi di Jogja, Catat Tanggalnya

"Jadi pendalaman karakter tantangan luar biasa, proses reading itu sampai tiga bulan. Kami bukan orang Jawa, tetapi kami harus menjiwai karakter ini, jadi harus membuang kebiasaan metropolitan. Sehingga saya belajar bagaimana gerak geriknya, bahasa tubuh, cara bicara orang Jawa itu bagaimana dengan lawan bicaranya,” katanya di sela-sela Nonton Bareng Srimulat : Hidup Memang Komedi di JCM, Selasa (21/11/2023) malam.

Adapun Dimas Anggara yang memerankan Timbul pun merasakan hal yang sama. Akan tetapi ia melakukan riset dengan melihat banyak referensi digital dari sosok Timbul. Selain itu bertemu dengan pihak keluarga dari Timbul untuk mendapatkan banyak referensi. Melalui riset tersebut sehingga ia memiliki referensi untuk memerankan sosok Timbul.

“Termasuk kami mendapatkan banyak referensi dari jejak digital, selain itu saya dulu juga pernah menonton Srimulat langsung dulu,” katanya.  

Teuku Rifnu Wikana yang memerankan Asmuni mengaku bersyukur meski dengan beragam tantangan tersebut namun semua pemeran bisa menjalankan proses syuting dengan baik. Bahkan mendapatkan respons positif dari para penonton.

“Dari beberapa kota, mereka mengatakan untuk Srimulat Hidup Memang Komedi katanya pecah banget, mereka tertawanya lebih lama dibandingkan yang film pertama,” ucapnya.

Film Srimulat: Hidup Memang Komedi merupakan film kedua setelah yang pertama pada 2022 Srimulat: Hil yang Mustahal. Film ini mengisahkan perjalanan grup lawak legendaris itu melakukan hijrah dari Jawa Tengah ke Jakarta. Dalam perjalanannya, sejumlah anggota Srimulat mengalami gejolak batin dan menghadapi tantangan.

BACA JUGA : Ini Daftar Film Indonesia Berkualitas, Sayangnya Penonton Sedikit

Film yang disutradarai oleh Fajar Nugros dan dibintangi oleh deretan artis papan atas. Mulai dari Juan Bio One sebagai Gepeng, Indah Permatasari sebagai Royani, Elang El Gibran sebagai Basuki, Erika Carlina sebagai Djudjuk, Dimas Anggara sebagai Timbul, Morgan Oey sebagai Paul, Zulfa Maharani sebagai Nunung, Ibnu Jamil sebagai Tarsan, Erick Estrada sebagai Tessy, Naimma Aljufri sebagai Ana, Teuku Rifnu Wikana sebagai Asmuni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement