Advertisement

Ingat! Pemeriksaan Tekanan Darah Berkala Penting Cegah Hipertensi

Abdul Hamied Razak
Senin, 22 Mei 2023 - 09:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Ingat! Pemeriksaan Tekanan Darah Berkala Penting Cegah Hipertensi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemeriksaan tekanan darah secara berkala penting untuk mencegah dan mengendalikan hipertensi dan komplikasi penyakit lain akibat kejadian hipertensi.

"Pemeriksaan tekanan darah secara berkala sangat diperlukan untuk mencegah hipertensi dan komplikasi penyakit lain akibat kejadian hipertensi," kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rio Probo Kaneko, dikutip Senin (22/5/2023).

Advertisement

Dokter yang praktik di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto, Jawa Tengah, itu menjelaskan hipertensi adalah peningkatan tekanan darah di atas nilai normal yaitu tekanan sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan diastolik lebih dari 90 mmHg.

BACA JUGA: Gawat! Banyak Orang Tak Sadar Mengidap Hipertensi

"Hipertensi sering disebut silent killer disease, karena sebagian penderita hipertensi pada umumnya tidak bergejala. Selain itu, banyak orang yang sebenarnya mengalami hipertensi tetapi jarang untuk memeriksakan tekanan darah," katanya.

Untuk itu, kata dia, masyarakat dianjurkan untuk cek tekanan darah secara rutin minimal satu bulan sekali.

Untuk mencegah hipertensi, kata dia, selain melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, masyarakat juga dianjurkan untuk olahraga teratur, diet sehat, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, istirahat cukup, mengelola stres dan emosi, serta tidak merokok.

BACA JUGA: Penderita Hipertensi Wajib Setop Konsumsi Garam

"Jika masyarakat mengalami peningkatan tekanan darah maka dapat segera melakukan pemeriksaan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan terapi obat penurun tekanan darah dan untuk deteksi dini komplikasi penyakit yang sering ditimbulkan oleh hipertensi, seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan gagal ginjal," katanya.

Sementara itu, Asisten Deputi Peningkatan Pelayanan Kesehatan Kemenko PMK Nia Reviani menekankan pentingnya penguatan edukasi dan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat dan pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

"Pemeriksaan kesehatan secara berkala sangat penting sebagai bentuk deteksi dini terhadap suatu penyakit," katanya.

Nia juga mengingatkan mengenai pentingnya perilaku hidup sehat yang meliputi berbagai faktor, seperti rutin melakukan olahraga, mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan sayur dan buah, serta menghindari faktor risiko seperti merokok dan obesitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement