Advertisement

Obat Alami Untuk Usus yang Tidak Sehat, Apa Saja?

Sabina Arla Yogandini
Minggu, 30 April 2023 - 11:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Obat Alami Untuk Usus yang Tidak Sehat, Apa Saja? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Konsumsi makanan olahan menyebabkan meningkatnya gangguan usus seperti Irritable Bowel Syndrome, intoleransi laktosa, dan sindrom usus bocor. Hal itu diperparah rengan penerapan gaya hidup yang tak sehat.

Banyak dari Anda yang mungkin mengetahui bahwa sebagian besar masalah mental dan fisik berasal dari usus yang tidak sehat. Usus yang tidak berfungsi dengan baik dapat menghambat kualitas hidup Anda. 

Advertisement

Untuk itu, penting bagi Anda untuk menjaga usus agar tetap sehat. Dilansir dari Healthshots, berikut adalah pengobatan rumahan untuk usus yang lebih sehat:

1. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu menenangkan usus dan mengurangi peradangan. Ada berbagai bentuk jahe yang dapat Anda konsumsi seperti teh jahe, parutan jahe dalam makanan, atau suplemen jahe.

2. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang membantu mengembangkan usus yang sehat dengan menyeimbangkan bakteri usus. Anda dapat menemukan probiotik dalam makanan fermentasi seperti yoghurt, kefir, asinan kubis, kimchi, dan sayuran fermentasi lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen probiotik yang disarankan oleh ahli kesehatan setelah Anda berkonsultasi. 

3. Minyak peppermint

Peppermint telah terbukti memiliki efek positif yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti kembung dan gangguan pencernaan pada usus. Anda dapat mengonsumsi peppermint dalam bentuk, misalnya seperti teh peppermint atau menggunakan minyak esensial peppermint dalam aromaterapi yang dapat digunakan untuk memijat area perut. 

4. Slippery elm

Slippery elm adalah ramuan yang dapat digunakan untuk menenangkan saluran pencernaan, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan. Anda dapat mengonsumsi suplemen slippery elm dalam bentuk kapsul atau bubuk, atau Anda dapat membuat teh dengan mencampurkan bubuk slippery elm dengan air.

5. Kaldu tulang

Kaldu tulang adalah cairan kaya nutrisi yang dibuat dengan merebus tulang, daging, dan sayuran. Kaldu ini kaya akan kolagen, gelatin, dan nutrisi lain yang baik untuk usus Anda karena dapat membantu menjaga kesehatan usus dan meningkatkan pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KKP Klaim Tren Impor Produk Perikanan Menurun hingga Juni 2024

News
| Rabu, 24 Juli 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement