Advertisement

10 Makanan yang Membantu Menyuburkan Kandungan

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 06 Maret 2023 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
10 Makanan yang Membantu Menyuburkan Kandungan Ilustrasi Jeruk Orange - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebelum melakukan program hamil, penting bagi pasangan untuk mengetahui bagaimana kondisi rahim dan keseburannya secara umum. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya keguguran dan kondisi gangguan kehamilan lainnya. 

Asupan makanan yang bergizi bisa mendukung kesuburan yang baik bagi wanita maupun pasangannya. Dengan mengonsumsi makanan sehat, tubuh menjadi sehat, juga semakin cepat memiliki momongan.

Advertisement

Dilansir dari Prenagen, berikut ini makanan yang bisa dikonsumsi untuk pria dan wanita guna membantu mendapatkan momongan:

1. Biji Matahari

Camilan yang mudah didapatkan ini adalah makanan agar cepat hamil setelah menikah. Biji bunga matahari memiliki nutrisi penting seperti folat dan selenium yang terbukti meningkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma pada pasangan.

Baca juga: Lokasi-lokasi Pedagang Mi Ayam di Sepanjang Jalan Kaliurang

Selain menyuburkan juga menyehatkan tubuh. Dilansir dari jurnal ISRN Nutrition, orang yang rutin makan kuaci selama 3 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol jahat sebanyak 9% dan trigliserida sebesar 12%. Cobalah menaburkan biji bunga matahari pada salad, atau mengganti selai kacang dengan mentega biji bunga matahari. Biji bunga matahari bisa menjadi camilan yang lezat.

2. Jeruk

Buah jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang terbaik. Jeruk mengandung putrescine poliamina, yang oleh beberapa penelitian hewan dikaitkan dengan potensi untuk meningkatkan kesehatan telur dan sperma. Ibu bisa makan dengan irisan jeruk sendiri atau jadikan jus jeruk untuk jus penyubur rahim. Irisan jeruk bali juga merupakan tambahan yang baik untuk salad.

3. Kayu Manis

Nutrisi dalam kayu manis berkhasiat agar meregulasi siklus menstruasi. Selain melancarkan menstruasi, nutrisi dalam kayu manis bagus untuk memperkuat rahim. Mengkonsumsi suplemen kayu manis membantu memulai siklus menstruasi yang tidak teratur seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), penyebab umum infertilitas wanita.

Anda dapat taburkan kayu manis pada oatmeal, di atas yogurt, atau ke dalam teh atau kopi. Kayu manis juga dapat ditemukan dalam bentuk suplemen atau obat penyubur kandungan agar cepat hamil.

4. Ikan Salmon

Salmon kaya akan asam lemak esensial dan omega-3, yang telah terbukti bermanfaat bagi kesuburan pria dan wanita. Selain itu, salmon memiliki selenium dan vitamin D. Selenium merupakan vitamin yang utama untuk sperma yang sehat. Faktanya, salmon adalah salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan nilai vitamin D yang direkomendasikan setiap hari Ibu perlu berhati-hati dengan kadar merkuri pada ikan untuk program hamil. Disarankan mengonsumsi salmon yang ditangkap dari alam daripada yang dibesarkan di peternakan untuk menghindari kontaminasi merkuri, antibiotik, dan pewarna makanan beracun.

5. Nanas

Nanas adalah sumber vitamin C. Satu porsi 1 cangkir akan memberi Anda 46% dari nilai harian yang direkomendasikan. Kadar vitamin C yang rendah telah dikaitkan dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS). Nanas juga mengandung bromelain, enzim alami yang memiliki efek antiinflamasi dan antikoagulasi (pengencer darah). Nanas juga merupakan makanan untuk cepat hamil golongan darah O.

Pilihlah nanas yang segar karena sebagian besar bromelain dalam nanas kalengan hancur karena panas yang digunakan dalam proses pengalengan. Makan sendiri atau ditambahkan ke salsa atau bahkan dipanggang.

6. Tiram

Tiram selalu ada di setiap daftar makanan kesuburan. Satu porsi enam tiram mentah hanya mengandung 139 kalori, tetapi terdapat semua vitamin reproduksi penting ini:

408% dari vitamin B12 yang direkomendasikan setiap hari
188% dari seng harian yang direkomendasikan
187% dari selenium yang direkomendasikan setiap hari
43% dari zat besi yang direkomendasikan setiap hari
Ibu dapat menyiapkan dan menyajikan hidangan ini di rumah. Pilihan paling sehat adalah mentah, tetapi juga bisa dinikmati dengan dipanggang.

7. Delima

Salah satu buah penyubur rahim yaitu buah delima. Buah ini telah lama dikaitkan dengan kesuburan karena banyak bijinya. Biji delima bisa menjadi camilan yang lezat dan sehat, dan juga bisa menjadi topping yang bagus untuk yogurt, oatmeal, dan bahkan salad dan mangkuk quinoa.

Dalam sebuah studi tahun 2014, 70 pria dewasa yang tidak memiliki sperma yang cukup sehat untuk disumbangkan ke tablet bank sperma yang mengandung ekstrak buah delima dan bubuk akar lengkuas. Setelah tiga bulan perawatan, motilitas sperma meningkat sebesar 62%.

8. Hati

Hati merupakan salah satu makanan padat nutrisi. Selain menjadi sumber utama vitamin A alami, Hati mengandung vitamin B12, yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan DNA yang tepat. Hati juga memiliki sumber yang kaya akan folat, asam lemak omega-3, dan kolin.

Hati juga mengandung zat besi yang mudah diserap, yang dapat mencegah anemia dan keguguran. Ibu tentu bisa menggunakan cara tradisional dengan resep hati dan bawang bombay yang sederhana, atau hati campur kentang.

9.Susu Penuh Lemak

Susu kaya akan lemak jenuh sangat bermanfaat untuk menyuburkan kandungan. Susu penyubur kandungan agar cepat hamil ini juga merupakan sumber vitamin A, E, D, K, dan K2 yang larut dalam lemak.

Bila Ibu sudah mengonsumsi produk susu, cara termudah untuk memasukkan produk susu penuh lemak ke dalam makanan adalah dengan beralih ke produk yang mengandung lemak utuh seperti menukar susu skim dengan susu murni dan yogurt rendah lemak dengan yogurt penuh lemak.

10. Kacang dan Lentil

Kacang-kacangan dan lentil merupakan folat dan sumber serat yang baik sekali. Dua vitamin tersebut penting sekali untuk menjaga keseimbangan hormon. Lentil juga memiliki kandungan polyamine spermidine tingkat yang tinggi yang membantu sperma untuk membuahi sel telur.

Pertimbangkan untuk mengganti satu atau dua makanan daging dengan makanan berbahan dasar kacang-kacangan. Jika Ibu memilih varietas kalengan, periksa apakah kalengnya bebas BPA, bahan kimia yang dapat berdampak negatif pada kadar estrogen pada wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilgub Jakarta 2024, Demokrat Bakal Calonkan Dede Yusuf

News
| Jum'at, 19 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement