Advertisement

Waktu yang Tepat untuk Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil

Newswire
Minggu, 14 Juli 2024 - 10:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Waktu yang Tepat untuk Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Anda pasangan suami istri belum dapat momongan? Tidak perlu khawatir karena banyak cara dan upaya yang bisa dilakukan. Coba perhatikan waktu berhubungan intim yang pas dengan pasangan.

Pasangan suami istri yang ingin cepat memiliki momongan perlu mencoba kiat berhubungan intim di waktu-waktu yang tepat untuk mengoptimalkan peluang mendapatkan kehamilan.

Advertisement

BACA JUGA: Penyebab dan Gejala Keguguran untuk Usia Kehamilan Sebelum 20 Minggu

Berhubungan intim terlalu sering justru tidak disarankan bagi pasangan suami istri yang berencana agar bisa cepat hamil. Sebab, hubungan intim yang terlalu sering justru menyebabkan ketidaknyamanan dan kelelahan yang berdampak pada hormon.

Dalam melakukan hubungan intim, waktu yang dinilai baik untuk pria adalah pagi hari. Hal itu karena saat pagi, kadar testosteron berada pada puncaknya.

Selain itu, hubungan intim pada pagi hari dapat melepaskan endorfin yang menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.

Adapun pada wanita, waktu yang baik untuk mendapatkan kehamilan adalah dengan berhubungan intim sebanyak dua sampai tiga kali secara teratur. Hubungan itu perlu dilakukan pada masa subur atau mendekati ovulasi, yaitu ketika ovarium melepaskan sel telur.

BACA JUGA: Langka, Perempuan Ini Punya Dua Rahim dan Kini Hamil di Keduanya

Masa subur biasanya terjadi beberapa hari setelah haid, tergantung pada siklus menstruasi. Pelepasan telur normalnya terjadi satu kali dalam sebulan dan masa subur hanya terjadi selama beberapa hari (tepatnya ovulasi hanya berlangsung 72 jam).

Masa subur dalam periode siklus menstruasi menentukan besarnya peluang kehamilan karena sel telur sudah siap dibuahi. Untuk mengetahui masa subur, perempuan dapat menggunakan alat bantu seperti kalender ovulasi atau melakukan tes ovulasi.

Penting bagi pasangan suami dan istri untuk menemukan satu posisi paling nyaman saat berhubungan seksual dan menjaga pola hidup sehat agar tingkat kesuburan terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement