Advertisement

Kenali Khasiat Umbi-Umbian untuk Penderita Gerd saat Puasa

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 13 April 2023 - 06:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali Khasiat Umbi-Umbian untuk Penderita Gerd saat Puasa Ubi jalar. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan suatu kondisi dimana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan dan sering menyebabkan heartburn (rasa terbakar di dada) bahkan kerusakan pada lapisan kerongkongan.

Gejala GERD biasanya meliputi refluks asam lambung, mual, muntah, dada nyeri, suara serak atau kehilangan suara, batuk, dan kesulitan menelan.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Salah satu gejala GERD yakni refluks asam lambung dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, selain refluks asam makanan tinggi serat juga dapat meredakan masalah seperti sembelit, diare, sakit maag, serta meningkatkan fungsi pencernaan.

Umbi-umbian seperti ubi jalar, talas, atau singkong ialah salah satu makanan yang tinggi serat. Melansir dari WebMD talas selain memiliki serat dua kali lebih banyak dibandingkan kentang juga tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh sehat dan dapat menangkal radikal bebas.

Baca juga: Berbincang dengan Hewan Peliharaan, Bisakah?

Serat yang tinggi pada umbi-umbian ini juga dapat membuat seseorang kenyang lebih lama karena bergerak perlahan melalui sistem pencernaan, sehingga cocok pula dikonsumsi untuk orang yang sedang diet.

Namun perlu diperhatikan untuk tidak mengkonsumsi singkong mentah sebab berisiko keracunan sianida yang terjadi secara alami dan berbahaya bagi tubuh. Singkong dapat dikonsumsi setelah direndam dalam air, lalu direbus, dipanggang, dijemur, difermentasi, atau diparut.

Untuk penderita GERD sendiri umbi-umbian ini dapat dikonsumsi dengan cara dipanggang, direbus, atau diolah menjadi kue atau cemilan seperti keripik.

BACA JUGA:  Laptop Harga 6 Jutaan Terbaik, Mulai Axioo Mybook Hingga Acer Aspire

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alasan Jokowi Tak Restui Gibran Jadi Cawapres: Belum Cukup Umur

News
| Senin, 29 Mei 2023, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Ada Tenda Terapung untuk Pengalaman Berkemah yang Berbeda, Mau Coba?

Wisata
| Senin, 29 Mei 2023, 15:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement