Advertisement

Perhatikan! Ini Waktu Tidur yang Optimal untuk Tumbuh Kembang Anak

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 04 April 2023 - 07:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Perhatikan! Ini Waktu Tidur yang Optimal untuk Tumbuh Kembang Anak Ilustrasi anak gembira. - istockphoto\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tidur sangat penting untuk tumbuh kembang dan menciptakan gaya hidup yang sehat bagi anak. Banyak penelitian yang dilakukan menyatakan waktu tidur yang cukup, baik dalam perkembangan serta meningkatkan perhatian, perilaku, kemampuan belajar, daya ingat, mengatur emosi, kesehatan mental serta kesehatan fisik.

Setiap anak dengan kelompok usia berbeda memiliki waktu tidur yang optimal berbeda pula. Melansir dari WebMD berikut ialah waktu tidur yang optimal bagi anak.

Advertisement

Bayi baru lahir hingga usia 6 bulan

Bayi membutuhkan sekitar 14–18 total jam tidur per hari. Tidak heran jika bayi yang baru lahir menghabiskan waktu dengan tidur sepanjang waktu dan hanya bangun setiap 1 hingga 3 jam untuk makan.

Mulai memasuki usia 4 bulan, ritme tidur menjadi lebih teratur. Sebagian besar bayi tidur 9–12 jam di malam hari, biasanya dengan jeda waktu untuk menyusu, dan tidur siang 2–3 jam masing-masing sekitar 30 menit hingga 2 jam.

Baca juga: Fakta Unik Minuman Soda, Ternyata Awalnya Dibuat Oleh Apoteker

Bayi usia 6 hingga 12 bulan

Pada bayi usia ini waktu tidur berkurang menjadi sekitar 14 jam total dalam sehari. Biasanya terbagi atas dua kali tidur siang, yang dapat berlangsung selama 20 menit untuk beberapa bayi, maupun beberapa jam untuk beberapa bayi lainnya. Intensitas keinginan untuk menyusu di malam hari mungkin mulai berkurang, namun bayi mulai mengalami gangguan tidur yakni rasa cemas ketika tidak ada orang tua di sampingnya.

Anak usia 1 hingga 3 tahun

Selanjutnya Batita membutuhkan 12–14 jam tidur, termasuk tidur siang selama 1–3 jam. Batita biasanya tidur antara jam 7 atau 9 malam dan bangun antara jam 6 pagi dan 8 pagi.

Anak prasekolah (3 hingga 5 tahun)

Rata-rata anak prasekolah mulai terjadi peningkatan aktivitas bermain dan belajar di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ataupun Taman Kanak-Kanak (TK). Pada anak prasekolah waktu tidur yang optimal ialah sekitar 11–12 jam di malam hari, termasuk tidur siang. Tak jarang waktu tidur siang mulai berkurang saat memasuki usia 5 tahun.

Usia sekolah (6 hingga 12 tahun)

Memasuki usia sekolah anak membutuhkan waktu tidur sekitar 9–12 jam di malam hari. Beberapa anak mungkin masih membutuhkan tidur siang namun jika tidur siang dapat disiasati dengan tidur lebih awal. Semakin beranjak ke usia 12 tahun jam tidur pun semakin mundur sebagian besarnya hanya tidur sekitar 9 jam per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement