Advertisement

9 Kebiasaan dan Sifat Ini Bikin Kamu Sulit Bahagia

Elsa Hayati Sukma
Jum'at, 31 Maret 2023 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
9 Kebiasaan dan Sifat Ini Bikin Kamu Sulit Bahagia Ilustrasi - Thegrindstone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Hidup bahagia menjadi keinginan seluruh orang di dunia. Kebahagiaan terjadi karena hal-hal positif yang terjadi dalam hidup membuat kondisi perasaan puas, senang, bersyukur dalam menjalani kehidupan.

Salah satu ilmuwan mengatakan bahwa setiap orang memiliki “titik sel” kebahagiaan. Kebahagiaan terjadi karena peristiwa yang sangat positif datang dalam kehidupan kita yang menimbulkan rasa senang dan bahagia.

Advertisement

Para peneliti telah menemukan titik setel genetik yang bertanggung jawab atas 50% kebahagiaan. Keadaan hidup dapat mempengaruhi sekitar 10% dan 40% sepenuhnya tergantung pada diri sendiri.

Sebagian besar kebahagiaan dapat ditentukan oleh kebiasaan, sikap, dan pandangan hidup seseorang. Kebiasaan buruk yang terjadi dalam hidup cenderung membuat tidak bahagia. Menghilangkan kebiasaan buruk tentu membutuhkan waktu tidak sebentar untuk memindahkan titik setel kebahagiaan dalam hidup. Faktanya, kunci dari kebahagian sebagian besar tergantung kepada sikap dan diri sendiri dalam menjalani kehidupan.

Kebiasaan buruk yang terjadi di dalam hidup dapat menghambat kebahagiaan, diantaranya:

1. Tidak Mudah Kagum

Kekaguman merupakan perasaan luar biasa terhadap suatu hal yang meliputi kebahagiaan di dalam hidup. Hal-hal tersebut bisa dicari dimana saja, namun tidak semua orang dapat merasakan kekaguman terhadap sesuatu yang dilihat. Hal tersebut menjadi kebiasaan buruk untuk tidak mudah kagum yang membuat seseorang tidak bahagia.

2. Menutup Diri Sendiri

Menutup diri sendiri dari lingkungan sosial merupakan suatu hal yang dapat membuat Anda tidak bahagia. Meski Anda menikmatinya, hal tersebut justru membuat diri Anda mengasingkan orang sekitar dan diri sendiri yang dapat menimbulkan suasana yang tidak menyenangkan dan merusak kebahagiaan.

3. Mengontrol Diri

Mengontrol diri sangatlah penting untuk menahan emosional dalam diri Anda agar tidak merusak suasana hati. Mengendalikan emosi pada diri sendiri menjadi salah satu hal yang positif yang akan menambah energi yang ada dalam tubuh. Mengontrol diri ini perlu untuk mendapatkan suatu kebahagiaan dalam hidup.

4. Mengkritik

Mengkritik orang lain dan berbicara buruk tentang mereka menjadi salah satu yang membuat diri tidak bahagia. Menghakimi seseorang dengan segala cacian yang diutarakan merupakan hal yang menyakitkan yang hanya akan menimbulkan hal negatif dan menjadi salah satu kebiasaan buruk dalam hidup.

5. Mengeluh

Mengeluh merupakan rasa tidak bersyukur, dengan mengeluh terus-menerus dan berbicara negatif menjadikan diri sulit untuk merasakan kebahagiaan. Mengeluh dapat membuat kita tidak bersyukur atas apa yang dimiliki dan berdampak pada kebahagiaan.

6. Negatif

Negatif menjadi salah satu hal yang dapat membuat diri tidak mendapatkan kebahagian. Hal ini dapat dihindari dengan berteman dengan orang-orang yang positif, bersyukur dan menikmati hidup yang sedang dijalani untuk mendapatkan kebahagiaan.

7. Membanding-bandingkan

Membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain merupakan kunci dari ketidakbahagiaan. Setiap orang mempunyai pilihan untuk kehidupannya di masa mendatang. Tidak perlu untuk membanding-bandingkan diri dengan orang lain dapat menimbulkan kebiasaan buruk yang membuat diri Anda tidak bahagia ketika melihat orang lain sukses dalam hidupnya.

8. Tidak Punya Tujuan

Tidak punya tujuan menjadi salah satu kunci tidak bahagia dalam hidup. Penting untuk menetapkan tujuan yang menentang dan terarah serta didorong dengan nilai-nilai positif untuk mencapai kebahagiaan yang dituju.

9. Meninggalkan Masa Kini

Takut akan masa lalu dan masa depan merupakan pikiran negatif dalam diri Anda. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran untuk meraih kebahagiaan di masa kini dan masa mendatang. Hal tersebut penting untuk berdamai dengan masa lalu dan menerima ketidakpastian di masa depan untuk mendapatkan kunci kebahagiaan dalam hidup.

Untuk dapat menjalani hidup dengan kebahagiaan, perlu untuk mengubah titik setel dalam diri Anda dan menghilangkan kebiasaan buruk yang sering dilakukan untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement