Advertisement

6 Makanan yang Bisa Membangkitkan Semangat Bekerja

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 24 Januari 2023 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
6 Makanan yang Bisa Membangkitkan Semangat Bekerja Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pasca libur panjang, rasa malas untuk kembali bekerja biasanya kerap melanda. Seperti halnya hari ini, dimana para pekerja harus kembali beraktivitas setelah kemarin mendapat libur akhir pekan ditambah cuti bersama Imlek.

Rasa-rasanya masih ingin rebahan di rumah karena sisa capai liburan masih belum hilang. Mood juga belum naik. Untuk itu dibutuhkan sesuatu hal untuk membangkitkan semangat bekerja. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Membangkitkan semangat bekerja tidak hanya dalam bentuk support atau dukungan orang lain, tetapi juga bisa datang dari makanan yang kita santap. 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini 6 makanan yang bisa membantu membangkitkan semangat bekerja: 

Baca juga: Penderita Hipertensi Wajib Setop Konsumsi Garam

1. Pisang

Pisang bisa Anda konsumsi sebagai makanan penambah semangat kerja. Kandungan tyrosine pada pisang membantu Anda lebih tenang menghadapi deadline. Peneliti dari Jepang mengungkapkan pisang memiliki antioksidan yang berguna untuk daya tahan tubuh.

2. Oat

Oat adalah sumber serat yang sangat baik karena dapat memperlambat pencernaan karbohidrat. Pelepasan karbohidrat secara lambat membuat tubuh melepaskan gula secara bertahap ke dalam aliran darah sehingga energi akan tetap stabil. Kadar gula darah yang lebih stabil ternyata dapat mengendalikan perubahan suasana hati dan lekas marah. Kamu bisa mengonsumsi oat atau gandum dalam berbagai bentuk, seperti oatmeal, roti, muesli, dan granola. 

3. Salmon

Untuk membantu meningkatkan kinerja otak, satu lagi makanan penambah semangat yang bisa Anda konsumsi adalah ikan salmon. Asam lemak omega yang terkandung di dalamnya berfungsi memperbaiki jaringan otak dan mengurangi risiko demensia dini.

4. Makanan fermentasi

Yoghurt, kimchi, kombucha dan lain-lain adalah beberapa contoh makanan fermentasi yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan juga meningkatkan suasana hati. Proses fermentasi memungkinkan bakteri hidup berkembang biak dalam makanan yang kemudian mampu mengubah gula menjadi alkohol dan asam. Selama proses ini, probiotik dibuat dan membantu pertumbuhan bakteri sehat di usus.

Peningkatan bakteri baik di usus inilah yang mampu meningkatkan kadar serotonin. Sebanyak 90 persen serotonin tubuh diproduksi oleh mikrobioma usus atau kumpulan bakteri sehat di usus. Serotonin adalah neurotransmitter yang mempengaruhi banyak aspek perilaku manusia. Contohnya seperti suasana hati, respon stres, dan nafsu makan sehingga secara tidak langsung mampu membuat kamu lebih semangat bekerja.

5. Cokelat

Cokelat juga termasuk makanan yang sehat. Kandungan antioksidan pada cokelat berfungsi serupa dengan pisang yang berguna untuk daya tahan tubuh.

6. Brokoli

Tahukah Anda, sayuran hijau ini memiliki banyak kandungan bermanfaat, mulai dari vitamin A, B6, potasium, dan masih banyak lagi. Kandungan phytochemicals dalam brokoli ini membantu memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu, zeaxanthin dalam brokoli bermanfaat untuk kesehatan mata, terutama untuk menghindari rabun dan mencegah katarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Buka Suara soal Niat Kaesang Terjun ke Politik: Saya Tidak Memengaruhi

News
| Senin, 30 Januari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

4 Rekomendasi Bakso di Jogja, Cocok Buat Makan Siang

Wisata
| Senin, 30 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement