Advertisement

Temui Penonton di Jogja, Ernest Prakasa Ungkap Isu Childfree di Film Cek Toko Sebelah 2

Sunartono
Senin, 19 Desember 2022 - 16:07 WIB
Bhekti Suryani
Temui Penonton di Jogja, Ernest Prakasa Ungkap Isu Childfree di Film Cek Toko Sebelah 2 Pemeran sekaligus sutradara film Cek Toko Sebelah 2 Ernest Prakasa (tengah) berfoto bersama di sela-sela menemui penonton Cek Toko Sebelah 2 di JCM, Sabtu (17/12/2022) malam. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemeran sekaligus sutradara film Cek Toko Sebelah 2 Ernest Prakasa mengungkap ada sejumlah alasan sengaja mengangkat isu tentang childfree dan perceraian dalam film tersebut. Dibalut dengan komedi membuat film ini menjadi lebih netral dalam menyampaikan pesan sensitif di tengah masyarakat. Childfree merupakan keputusan pasangan untuk tidak memiliki anak dengan berbagai pertimbangan.

Isu ini diangkat dalam film Cek Toko Sebelah 2 yang akan tayang di bioskop mulai 22 Desember 2022. Film ini merupakan kelanjutan serial pertama yang menceritakan tentang kisat Koh Afuk (Chew Kin Wah) dan kedua anaknya Yohan (Dion Wiyoko) serta Erwin (Ernest Prakasa). Adapun pada Cek Toko Sebelah 2 menampilkan karakter pasangan kedua anak Koh Aful yaitu Natalie (Laura Basuki) dan Ayu (Adinia Wirasti). Di mana Natalia menghadapi ibunya yang kurang setuju jika dirinya menikah dengan Erwin. Sedangkan Ayu ditempa persoalan pada permintaan suami dan mertua untuk segera punya anak, padahal ia sendiri belum ingin memiliki anak.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Film tentang Sumbu Filosofi Jogja Diluncurkan

Ernest Prakasa mengungkap sengaja memasukkan isu childfree dalam film tersebut karena berdasarkan pengalaman pribadinya, mengurus anak bukan hal yang mudah. “Sejujurnya kalau isu childfree memang sekarang lagi banyak dibahas. Cuma aku pribadi merasa sejak aku punya anak dan mengurusi dua anak itu susah sangat menguras energi. Maka aku merasa punya anak itu hak bukan kewajiban,” katanya kepada wartawan di sela-sela menyapa penonton di XXI, Jogja City Mall (JCM), Sabtu (18/12/2022) malam.

Melalui film tersebut ia berusaha menyentil pihak yang menganggap bahwa memiliki anak adalah kewajiban. “Memang ngurus anak enggak mudah, kalau memang ada yang ingin tidak punya anak ya sudah biarkan. Ketika di film ini ada kesempatan untuk menyentil soal itu ya saya manfaatkan,” ujarnya.

Akan tetapi, kata dia, proses pembuatan film ini bukan tanpa dasar, melainkan telah melalui riset cukup panjang dimulai sejak akhir 2021 hingga film terselesaikan. Selain itu berkonsultasi dengan psikolog terkait pernikahan, perceraian dan dampak trauma masa lalu. “Selama proses itu kami terus melakukan riset,” ujarnya.

BACA JUGA : 10 Film Pendek Hasil Kompro Tayang Perdana di JAFF 2022

Adapun Laura Basuki yang turut hadir menyapa penonton mengaku puas dengan respons masyarakat di penayangan perdana di Jogja. Karena ia merasa memilii beban tersendiri memainkan film Cek Toko Sebelah 2, mengingat pada serial pertama dilm tersebut penontonnya cukup banyak.

“Karena yang pertama itu banyak penggemarnya, ikonik, harap-harap cemas juga pada film yang kedua. Tetapi begitu lihat penonton tertawa ada yang menyedot ingus karena menangis, saya agak lega,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement