Advertisement

Apakah Gusi Anda Infeksi? Waspadai Risiko Sakit Jantung

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 30 September 2022 - 09:37 WIB
Sirojul Khafid
Apakah Gusi Anda Infeksi? Waspadai Risiko Sakit Jantung Ilustrasi gingivitis - Mayo Clinic

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology dan dilakukan oleh Forsyth Institute dan ilmuwan Universitas Harvard, orang dengan periodontitis berisiko lebih tinggi terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Periodontitis, juga disebut penyakit gusi, adalah infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan, tanpa perawatan, dapat menghancurkan tulang yang menopang gigi Anda. Periodontitis dapat menyebabkan gigi kendur atau menyebabkan kehilangan gigi.

Periodontitis adalah umum tetapi sebagian besar dapat dicegah. Ini biasanya akibat dari kebersihan mulut yang buruk. Karena itu Anda diimbau untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, flossing setiap hari dan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Benarkah Utang Tidur Bisa Dibayar? Ini Penjelasannya

Kaitan Periodontitis dengan Penyakit Gusi dan Penyakit Jantung

Rahul Aggarwal, ahli jantung Intervensi, Pusat Medis Palm Beach Gardens bagian dari Jaringan Kesehatan Palm Beach mengatakan, para peneliti telah meneliti ini setidaknya selama 20 tahun sekarang. Kami pasti melihat korelasi antara penyakit gusi dan serangan jantung.

Dari penelitian tersebut terungkap, jika penyakit yang merusak pembuluh darah seperti Periodontitis juga dapat merusak jantung. Jika seseorang tidak mendapatkan aliran darah yang baik ke gusi, mereka lebih mungkin menderita penyakit gusi dan apa pun yang memicunya juga dapat menyebabkannya. sama dengan jantung seseorang.

Secara sistemik orang tersebut mungkin memiliki masalah. Ini adalah cerminan dari kesehatan individu secara keseluruhan. Peradangan juga berperan dan tampaknya meningkatkan timbulnya penyakit jantung."

BACA JUGA: Waspada KDRT, Begini Cara Menghindarinya

Studi ini menemukan, Periodontitis parah secara signifikan terkait dengan semua penyebab dan kematian kardiovaskular.

Hal ini terkait banyak hal termasuk bakteremia dan gejala sisa inflamasi sistemik terkait,  peningkatan protein C-reaktif dan stres oksidatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Cara Daftar KIP Kuliah 2023

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement