Advertisement

Tujuh Tanda pada Kulit Ini Menunjukkan Kesehatan Liver Anda Terganggu

Redaksi
Kamis, 13 Juni 2024 - 22:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tujuh Tanda pada Kulit Ini Menunjukkan Kesehatan Liver Anda Terganggu Perbedaan hati yang sehat dan sakit. Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Organ tubuh hati atau liver berperan meningkatkan kesehatan dengan mengeluarkan zat beracun dalam tubuh. Dengan demikian kesehatan hati perlu terus dijaga. Adapun organ ini memiliki gejala tertentu yang terlihat di kulit jika tidak sedang baik-baik saja. Apa saja itu?

Dilansir dari Health Match dan Renewskinco, Kamis (13/6/2024) kulit merupakan cerminan kesehatan luar maupun dalam tubuh, karena apabila organ mengalami masalah dapat terlihat gejalanya pada kulit wajah maupun badan. Mulai dari kulit tampak kusam, gatal, bintik merah, hingga kendur. Adapun penyakit hati yang dapat terlihat melalui kulit seperti penyakit hati alkoholik di mana 43% penderita sirosis alkoholik mengalami lesi kulit, sirosis bilier primer, dan hepatitis.

Advertisement

Tanda Penyakit Hati Pada Kulit

1. Angioma atau kulit seperti laba-laba

Spider angioma atau disebut spider nevi merupakan tanda penyakit hati yang muncul pada kulit dengan bentuk bintik-bintik merah kecil dan sedikit menonjol. Kondisi ini terjadi karena adanya masalah pelebaran pembuluh darah superfisial di dekat permukaan kulit. Spider angioma sering muncul dibagian kulit wajah, leher, dada bagian atas, dan lengan. Biasanya, tingkat keparahan penyakit hati dapat dilihat dari jumlah dan ukuran angioma.

Baca Juga: Bunda, Perhatikan Tanda-tanda Sakit Liver pada Anak, Jangan Diabaikan

Selain itu, spider angioma juga merupakan respons tubuh akibat tingginya kadar estrogen yang berhubungan dengan fibrosis hati. Tanda ini dapat menghilang dengan sendirinya setelah organ hati membaik.

2. Eksim

Orang yang mengalami masalah pada organ hati, biasanya memicu timbulnya eksim yaitu berupa ruam merah disekitar kulit wajah, tangan, kaki, dan bagian belakang lutut. Kondisi ini disertai rasa gatal, bersisik, dan dapat meradang apabila tidak segera ditangani.

3. Porphyria Cutanea Tarda (PCT)

Porphyria Cutanea Tarda (PCT) merupakan tanda penyakit hati, muncul pada area kulit yang tampak seperti melepuh. Biasanya gejala ini disebut "vampire disease" karena para penderita merasakan sensitif terhadap sinar matahari. Kondisi ini, disebabkan oleh penumpukan protein porfirin pada hati yang nantinya masuk ke aliran darah dan merusak jaringan kulit.

4. Xanthelasma (plane xanthoma)

Xanthelasma merupakan plak kuning yang muncul pada kelopak kulit mata. Biasanya tanda ini timbul tanpa rasa sakit pada penderita penyakit hati berlemak (fatty liver disease). Selain itu, juga sebagai respon terhadap penyakit kolesterol tinggi atau atresia bilier.

Baca Juga: Penyakit Hati Berlemak Dapat Menganggu Kepribadian Anda

Xanthelasma terjadi akibat endapan lipid di kulit. Gejala ini tidak bisa hilang dengan sendirinya, tetapi dapat diangkat melalui proses operasi.

5. Penyakit kuning

Organ hati yang mengalami gangguan atau masalah seringkali menunjukkan tanda berupa penyakit kuning pada area kulit. Kondisi ini, disebabkan karena hati tidak dapat memproses pemecahan hemoglobin secara maksimal. Akhirnya, terjadi penumpukan bilirubin yang memicu timbulnya warna kuning pada tubuh.

6. Pruritus

Pruritus merupakan istilah medis untuk menggambarkan rasa gatal yang tidak menunjukkan gejala seperti ruam atau memerah. Namun, bagi orang yang mengalami masalah pada organ hati, tanda ini dapat terasa semakin gatal jika terkena gesekan atau garukan. Pruritus menyerang anggota tubuh seperti telapak tangan, telapak kaki, lengan, atau badan. Biasanya, gejala ini semakin parah ketika malam hari dan apabila suhu sekitar panas.

7. Eritema palmar

Eritema palmar merupakan tanda penyakit sirosis hati, berupa bintik-bintik merah yang muncul pada telapak tangan. Tanda ini tidak menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya, tetapi beberapa kasus kerapkali muncul rasa sedikit berdenyut.

Baca Juga: Waspada Sakit Liver dengan Perhatikan Gejala Sepele Seperti Ini

Eritema palmar muncul akibat pelebaran kapiler, yaitu pembuluh darah yang sangat kecil. Selain itu, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh juga memicu timbulnya bintik-bintik merah pada kulit.

Tips Meningkatkan Kesehatan Hati

1. Konsumsi asupan makanan tinggi vitamin D dan kalsium

2. Kurangi asupan garam

3. Konsumsi minimal dua hingga tiga porsi protein setiap kali makan

4. Kurangi asupan alkohol

5. Olahraga secara rutin dan teratur

6. Melakukan hubungan seks dengan aman

7. Hindari berbagi barang pribadi

8. Minum air 2 liter dalam sehari C

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Anggaran Makan Siang Gratis Dijatah Rp7.500 per Anak, Menteri Keuangan Bilang Begini

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement