Advertisement

Waspada Sakit Liver dengan Perhatikan Gejala Sepele Seperti Ini

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 24 Februari 2024 - 09:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Waspada Sakit Liver dengan Perhatikan Gejala Sepele Seperti Ini Ilustrasi cek kesehatan. - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Umumnya, penyakit hati kronis pada awalnya tidak menunjukkan gejala; gejala menjadi jelas ketika tingkat keparahannya tinggi. Kelelahan adalah gejala awal yang paling umum, diikuti oleh arthritis. Simak informasi berikut untuk mengetahui apakah Anda memilki gejala dari penyakit hati atau liver.

Setelah gejala awal, beberapa mungkin mengalami penyakit kuning, mual, dan penurunan berat badan. Kasus lanjut menunjukkan pembengkakan di kaki dan daerah perut. Bagaimana cara mengidentifikasi dan membedakan antara kelelahan umum dan kelelahan yang disebabkan oleh penyakit hati? Kelelahan akibat penyakit hati bersifat konstan, tidak seperti kelelahan pada umumnya, yang biasanya terjadi setelah aktivitas berat. Kelelahan yang berhubungan dengan hati tetap ada bahkan setelah istirahat dan terlihat sejak awal aktivitas apa pun. Langkah-langkah apa yang dapat diambil seseorang untuk menghindari penyakit hati ketika terpapar virus?

Advertisement

“Untuk mencegah penyakit hati, khususnya hepatitis B dan C, seseorang harus menjalani tes jika terpapar. Vaksinasi sangat penting untuk Hepatitis B, karena menawarkan perlindungan 99%. Untuk Hepatitis C, disarankan untuk segera melakukan tes dan vaksinasi jika terpapar,” jelas Amol Dahale, Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi, Rumah Sakit Super Khusus DPU, Pimpri, Pune seperti dikutip dari Bisnis.com, Jumat (23/2/2024).

Baca Juga

Ingat! Ini 8 Kebiasaan yang Dapat Merusak Organ Hati

Apa Itu Penyakit Sirosis Hati? Berikut Penjelasannya

Bunda, Perhatikan Tanda-tanda Sakit Liver pada Anak, Jangan Diabaikan

Apa perbedaan antara kelelahan biasa dan kelelahan yang berhubungan dengan masalah hati? Kelelahan biasa terjadi setelah aktivitas berat, sedangkan kelelahan yang berhubungan dengan hati dimulai sejak awal aktivitas apa pun. Istirahat mungkin memberikan sedikit kelegaan, tetapi kelelahan kembali muncul setelah melanjutkan aktivitas pada penyakit hati.

Apa saja gejala masalah liver? Kebanyakan pasien liver tidak menunjukkan gejala, namun mereka yang memiliki gejala mungkin mengalami kelelahan, perubahan warna mata menjadi kekuningan, mual, anoreksia, penurunan berat badan, dan nyeri perut ringan.

Tahap lanjut mungkin melibatkan pembengkakan di kaki dan perut. Bagaimana cara membalikkan kerusakan hati? Jika dicurigai adanya kerusakan hati, konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan darah, USG, dan pemindaian fibro. Kerusakan ringan dapat diatasi dengan pengobatan dan perubahan gaya hidup. Kasus lanjut mungkin memerlukan intervensi medis ekstensif, dan dalam kasus yang jarang terjadi, transplantasi hati mungkin diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus dengan Puluhan Penumpang Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto, Begini Kronologinya

News
| Rabu, 17 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement