Advertisement

Puasa tapi Berat Badan Naik, Mungkin Ini Penyebabnya

Newswire
Kamis, 14 Maret 2024 - 11:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Puasa tapi Berat Badan Naik, Mungkin Ini Penyebabnya Ilustrasi buka puasa / Google

Advertisement

Harianjogja.com, TANGERANG—Idealnya saat menjalankan ibadah puasa, berat badan dapat berkurang. Kenyataanya justru terjadi sebaliknya, berat badan mendadak naik. Jika ini terjadi pada Anda, mungkin hal ini dapat menjadi pertimbangan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Banten mengungkapkan asupan nutrisi yang tidak terkontrol saat bulan puasa bisa mengakibatkan berat badan naik. "Masyarakat harus memastikan asupan nutrisi tetap terkontrol supaya berat badan tidak naik drastis," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni di Tangerang, Kamis (14/3/2024).

Advertisement

Ia mengatakan ada empat hal yang mengakibatkan berat badan orang naik saat bulan puasa. Pertama adalah terlalu banyak makan manis. "Setelah seharian menahan lapar dan haus, nafsu makan cenderung meningkat hingga kalap mengonsumsi makanan manis. Padahal, ini meningkatkan risiko obesitas." kata dia.

Kemudian, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti terlalu manis, berlemak, junk food atau makanan yang digoreng. "Makanan yang tinggi kalori, gula dan lemak jenuh serta rendah nutrisi bisa jadi faktornya," katanya.

Baca Juga

Tips Aman Berolahraga Saat Puasa

Tetap Penuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Puasa Dengan Cara Ini

Puasa Syawal, Pakar Gizi Beberkan Manfaat Dahsyatnya

Selain itu, berkurangnya aktivitas fisik karena faktor lapar dan haus, membuat orang malas bergerak. "Kalau sudah begitu, risiko berat badan naik saat puasa akan menjadi lebih besar," ujarnya.

Kemudian, metabolisme melambat karena kurangnya asupan kalori yang terjadi secara tiba-tiba. "Hal ini sering dikaitkan dengan peningkatan berat badan, karena kalori yang dibakar juga semakin sedikit," ujarnya.

Ia menyarankan agar bisa menghindari makan secara berlebihan saat berbuka dan sahur. "Pilihlah makanan yang tinggi akan kandungan serat dan protein agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama." katanya.

Lalu hindari mengonsumsi makanan yang tinggi gula, garam dan berlemak. Minum air putih minimal delapan gelas per hari, dengan pembagian dua gelas saat berbuka, empat gelas sebelum tidur dan dua gelas di waktu sahur. "Lakukan olahraga ringan, seperti yoga atau jalan santai 30 menit sebelum waktu berbuka atau satu jam setelah berbuka puasa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan NasDem Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Anies Bilang Begini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement