Advertisement

Tetap Penuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Puasa Dengan Cara Ini

Tri Indah Lestari (ST22)
Rabu, 05 April 2023 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tetap Penuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Puasa Dengan Cara Ini ilustrasi. - Reuters/Ina Fassbender

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rutinitas menyiapkan takjil atau memasak menu buka dan sahur menjadi hal yang paling dinantikan umat Islam di bulan Ramadan. Makan bersama yang dahulu terasa sederhana kini terasa istimewa dibandingkan hari biasa.

Menjaga nutrisi tetap harus diperhatikan selama berpuasa agar tidak cepat merasa lapar dan lemas sehingga ibadah puasa dijalani dengan maksimal.

Advertisement

Melansir Antara dari keterangan pers Shopee, berikut ini tips mengonsumsi menu makanan yang penuh nutrisi yang sehat namun tetap lezat serta cepat sepanjang bulan puasa:

1. Buat meal plan yang sehat dan bernutrisi untuk satu minggu kedepan

Agar tidak bingung dan tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja keluarga dapat menyusun meal plan atau merencanakan menu makanan yang sehat dan bernutrisi untuk satu minggu ke depan.

Baca juga: Shaggydog Rilis Dagangan Baru, Kini Ada New Boys Cap dan Tumbler

Setelah meal plan telah tersusun lalu buat daftar belanjaan bahan makanan yang harus dibeli sehingga kamu bisa menyetok bahan makanan dari jauh-jauh hari. Bahan makanan seperti daging segar hingga sayur dan buah-buahan misalnya bisa dibeli melalui lokapasar digital.

2. Persiapkan stok bahan makanan agar masak lebih cepat dan praktis

Food preparation atau mempersiapkan bahan makanan di awal setelah berbelanja akan memudahkan dan mempercepat proses memasak saat sahur dan berbuka puasa.

Caranya simpan tiap bahan makanan dengan wadah berbeda. Misalnya simpan sayuran dengan wadah kedap udara sehingga dapat bertahan selama dua hingga tiga hari di dalam kulkas. Sementara itu simpan daging merah, ikan, dan ayam di dalam freezer. Siapkan pula bumbu dasar seperti bumbu putih, merah, maupun kuning demi mempersingkat waktu memasak.

3. Penuhi asupan protein dan serat agar kenyang lebih lama

Meski jumlah makanan yang dikonsumsi memenuhi piring tidak berarti rasa kenyang bertahan lebih lama. Memperhatikan kualitas asupan justru lebih efektif dalam menahan lapar lebih lama, yakni dengan mengonsumsi makanan mengandung protein, lemak dan karbohidrat kompleks, serta asupan serat yang cukup baik saat sahur maupun berbuka.

Selain mendapat cadangan energi dari makanan tinggi protein, dengan asupan lemak, karbohidrat, dan serat yang tepat akan membuat efek kenyang yang lebih lama. Kamu juga bisa memakan camilan di malam hari setelah berbuka puasa atau sebelum imsak untuk menambah energi puasa dalam sehari.

4. Hindari dehidrasi dengan minum delapan gelas per hari

Setiap harinya tubuh membutuhkan cairan dari minum air sebanyak delapan gelas atau sekitar dua liter per hari hal ini tentunya tetap harus dipenuhi selama berpuasa. Namun karena waktu yang terbatas dari sore hingga subuh ada cara tersendiri untuk menyiasati memenuhi asupan air.

Lakukan pola minum dua gelas air putih saat sahur dan berbuka, sisanya yakni empat gelas saat malam hari menjelang waktu tidur. Dengan demikian tubuh lebih mudah untuk memproses dan mencerna makanan yang masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement