Advertisement

Sering Bernyanyi dan Memainkan Alat Musik Mampu Tingkatkan Daya Ingat

Newswire
Kamis, 08 Februari 2024 - 19:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sering Bernyanyi dan Memainkan Alat Musik Mampu Tingkatkan Daya Ingat Ilustrasi musik (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Peneliti dari Inggris yang tergabung dalam Protect, melaporkan hasil riset terbaru mengenai relasi bernyanyi dan memainkan alat musik dengan kemampuan mengingat untuk usia 40 tahun ke atas.

Bermusik diketahui memiliki sejumlah manfaat seperti mengurangi stres dan kecemasan, mengatur tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, hingga membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Advertisement

Hasil penelitian Protect yang dipublikasikan di International Journal of Geriatric Psychiatry menemukan bernyanyi dan bermain musik, khususnya piano, dapat meningkatkan kemampuan ingatan dan fungsi otak seseorang.

"Menjaga otak tetap aktif sepanjang hidup berkaitan dengan peningkatan kemampuan kognitif, sehingga mengurangi risiko gangguan kognitif di usia tua. Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi hubungan potensial antara musik dan kognisi," tulis hasil riset tersebut dikutip dari Medical Daily pada Kamis (8/2/2024).

Baca Juga

Manfaat Mendengarkan Musik Jazz

Jangan Sepelekan, Usia Muda pun Bisa Alami Demensia

Blueberry hingga Kopi Bantu Tingkatkan Fungsi Kognitif Otak

Dalam melakukan riset, tim peneliti mengamati lebih dari seribu orang dewasa di atas usia 40 tahun untuk meneliti manfaat memainkan alat musik dan bernyanyi terhadap kesehatan otak. Penelitian itu juga menemukan, manfaat kesehatan otak dari bernyanyi juga bisa disebabkan oleh faktor sosial contohnya menjadi bagian dari paduan suara atau kelompok vokal.

Profesor sekaligus peneliti dementia dari Universitas Exeter, Anne Corbett menjelaskan kegiatan bermusik bisa menjadi cara melatih kemampuan dan ketahanan otak, yang dikenal sebagai cadangan kognitif.

"Temuan kami menunjukkan bahwa menggiatkan pendidikan musik menjadi bagian penting dari inisiatif kesehatan masyarakat guna mempromosikan gaya hidup protektif untuk kesehatan otak, seperti halnya mendorong orang dewasa yang lebih tua untuk kembali bermusik," katanya.

Menurut dia melakukan kegiatan musik berkelompok dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan otak bagi seseorang pengidap demensia. "Pendekatan ini dapat digalakkan sebagai bagian dari pola hidup yang sehat untuk orang di usia tua untuk memungkinkan mereka secara proaktif mengurangi risiko sekaligus meningkatkan kesehatan otak," tambah Anne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement