Advertisement

Ilmuwan Ini Ciptakan Pil yang Merangsang Sensasi Kenyang

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 06 Januari 2024 - 21:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Ilmuwan Ini Ciptakan Pil yang Merangsang Sensasi Kenyang Pil yang diciptakan peneliti MIT untuk menciptakan sensasi kenyang. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, CAMBRIDGE—Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menciptakan pil berteknologi tinggi yang bisa merangsang reseptor di perut dan menciptakan sensasi kenyang.

Pil bernama VIBES (Vibrating Ingestible BioElectronic Stimulator) itu baru-baru ini diungkapkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Science Journal. Pil itu dibuat untuk menciptakan sensasi kenyang hingga disebut-sebut sebagai masa depan penurunan berat badan.

Advertisement

BACA JUGA: Ilmuwan Teliti Cara Meratakan Krim pada Biskuit Oreo, Begini Hasilnya

Melansir Oddity Central, pil itu belum diujicobakan pada manusia. Sejauh ini uji coba pada babi membuahkan hasil yang sangat menjanjikan. Setelah sekitar 30 menit melakukan aktivitas VIBES, babi rata-rata mengonsumsi makanan hampir 40% lebih sedikit dalam setengah jam berikutnya dibandingkan tanpa pil pintar ini.

Rupanya, perangkat revolusioner tersebut bekerja dengan mengaktifkan reseptor regangan di perut dan mensimulasikan keberadaan makanan. Hal ini pada gilirannya memberi sinyal pada hipotalamus untuk meningkatkan kadar hormon yang membuat kita merasa kenyang.

“Kami membayangkan pil VIBES diminum dalam keadaan perut yang relatif kosong 20 hingga 30 menit sebelum waktu makan untuk memicu sensasi kenyang yang diinginkan di awal makan,” tulis tim yang mengembangkan VIBES tentang penggunaan pil pintar ini.

Pil VIBES ditemukan oleh Shriya Srinivasan, mantan mahasiswa pascasarjana MIT, yang saat ini menjadi asisten profesor bioteknologi di Universitas Harvard. Selama bertahun-tahun di MIT, ia menjadi tertarik pada gagasan untuk mengendalikan hubungan antara otak dan perut dengan meregangkan mekanoreseptor yang melapisi perut secara artifisial melalui getaran.

BACA JUGA: Life2vec, Sistem AI yang Bisa Prediksi Waktu Kematian

“Saya bertanya-tanya apakah kita bisa mengaktifkan reseptor regangan di perut dengan menggetarkannya dan membuat mereka merasakan bahwa seluruh perut telah membesar, untuk menciptakan rasa kembung yang ilusi yang dapat memodulasi hormon dan pola makan,” kata Srinivasan kepada MIT News.

Stimulator getar, yang berukuran sebesar pil vitamin, ditenagai oleh baterai yang terbungkus dan diaktifkan oleh cairan lambung yang melarutkan membran di sekitar pil, atau dengan pengatur waktu yang terpasang. Setelah menghasilkan efek yang diinginkan, pil yang harganya diperkirakan $1 perbutir itu akan keluar dari tubuh bersama limbah padat lainnya.

Para peneliti mengatakan bahwa pada akhirnya mungkin untuk menanamkan stimulator sehingga menghilangkan kebutuhan orang untuk terus-menerus menelannya.

“Studi kami menunjukkan efektivitas intervensi non-invasif berbiaya rendah untuk mengurangi asupan makanan dan konsumsi kalori. Alat ini berfungsi efektif di perut dan menyebabkan rasa kenyang,” kata Giovanni Traverso, ahli gastroenterologi di Brigham and Women's Hospital, dan salah satu penulis penelitian tersebut.

“Perangkat ini berpotensi merevolusi pilihan terapi bagi pasien obesitas. Namun, penelitian di masa depan perlu mengeksplorasi efek fisiologis perangkat sebelum tersedia untuk pasien.”

Saat ini, para peneliti tengah menjajaki cara untuk meningkatkan produksi kapsul VIBES yang memungkinkan uji klinis pada manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Halmahera Erupsi, Lontarkan Abu Ketinggian 2 Kilometer

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement