Advertisement

Ini Dia Metode Intermittent Fasting, Diet yang Bikin Isa Bajaj Turunkan Berat Badan 10 Kg

Restu Wahyuning Asih
Selasa, 07 Mei 2024 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Ini Dia Metode Intermittent Fasting, Diet yang Bikin Isa Bajaj Turunkan Berat Badan 10 Kg Isa Bajaj membagikan fotonya setelah sukses menurunkan berat badan dengan puasa intermittent. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Diet Intermittent Fasting belakangan menjadi salah satu metode yang cukup digemari untuk menurunkan berat badan. Meskipun tetap makan pada siang hari, tetapi diet ini terbukti berhasil membuat seseorang kehilangan beberapa kilogram dalam tubuhnya.

Salah satu artis yang berhasil menerapkan diet dengan metode ini yakni Isa Bajaj. Dia membagikannya di akun Instagram-nya soal keberhasilannya menurunkan berat badan hingga 10 kg. "Saya Febuari kemarin 86-87 kg sekarang di April setelah puasa dan Lebaran ini di 74-75 kg," tulisnya di akun Instagram-nya @isa_bajaj.

Advertisement

Apa Itu Diet Intermittent Fasting?

Diet Intermittent Fasting merupakan salah satu metode diet yang menggabungkan pola makan dengan menerapkan waktu yang berbeda. Sehingga penekanan dietnya bukan dari konsumsi yang masuk ke tubuh, melainkan dari waktu makan.

Melansir dari Johns Hopkins Medicine, Intermittent Fasting atau metode berpuasa memiliki manfaat bagi kesehatan. Kemudian tujuan dari diet ini yakni bukan mengurangi berat badan secara drastis, melainkan menghilangkan kalori dalam tubuh.

Adapun mengutip dari Siloam Hospital, puasa intermittent merupakan metode diet yang dilakukan dengan cara berpuasa dalam jangka waktu tertentu.

Jangka waktu puasa yang biasa diterapkan pada puasa intermittent berkisar antara 12-40 jam. Puasa intermittent berbeda dengan metode diet lain yang mengharuskan pembatasan atau pengurangan asupan makanan tertentu.

Cara diet ini memungkinkan Anda mengonsumsi makanan sehat dalam porsi normal setelah berpuasa dalam jangka waktu tertentu. Anda juga diperbolehkan mengonsumsi air mineral atau minuman bebas kalori lainnya selama menjalani puasa intermiten.

Manfaat Diet Intermittent Fasting

Diet Intermittent Fasting juga memberikan beberapa manfaat lain bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan jika dilakukan dengan benar. Di antaranya adalah:

Membantu Penurunan Berat Badan

Manfaat utama yang bisa Anda peroleh dari Intermittent Fasting adalah kemampuannya dalam membantu penurunan berat badan dan mengurangi konsentrasi lemak berlebihan dalam tubuh.

Tubuh akan mengubah lemak yang tersimpan menjadi energi sehingga berujung pada penurunan berat badan.

Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat lain dari diet ini adalah kemampuannya menurunkan risiko diabetes. Puasa membantu insulin menjadi lebih sensitif terhadap kadar gula darah untuk konversi energi. Dengan demikian, kadar gula darah bisa lebih terkontrol.

Menjaga Kesehatan Jantung

Puasa intermiten juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Puasa dalam jangka waktu tertentu (saat Intermittent Fasting) diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuh. Hal ini memungkinkan jantung memompa darah secara optimal sehingga berkontribusi terhadap pemeliharaan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

BACA JUGA: 5 Kunci Utama saat Diet, Dijamin Sukses! 

Adapun, cara melakukan diet Intermittent Fasting adalah sebagai berikut:

Puasa dengan batasan waktu harian (metode 16/8)

Konsumsi makanan dalam rentang waktu 8 jam, dilanjutkan dengan puasa selama 16 jam. Misalnya, Anda bisa mulai makan pada jam 11 pagi dan selesai pada jam 7 malam. (jendela makan 8 jam), dilanjutkan dengan puasa mulai jam 7 malam. sampai jam 11 pagi keesokan harinya (puasa 16 jam).

Puasa 5:2

Konsumsi makanan dengan porsi normal selama 5 hari dan berpuasa atau membatasi asupan kalori di bawah 500 kalori selama 2 hari dalam seminggu.

Puasa alternatif

Konsumsi makanan dengan porsi normal pada suatu hari, kemudian berpuasa penuh atau mengonsumsi makanan rendah kalori (di bawah 500 kalori) pada keesokan harinya.

Warrior diet

Konsumsi buah dan sayur pada siang hari, dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan dalam porsi normal pada malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement