Advertisement

Ini Tujuh Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Kanker

Newswire
Rabu, 06 Desember 2023 - 21:47 WIB
Maya Herawati
Ini Tujuh Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Kanker Salad, salah satu makanan sehat pencegah kanker. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kanker adalah gangguan kesehatan yang terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh. Penyakit kanker di Indonesia didominasi oleh kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru, kanker kolorektal, dan kanker liver. Berikut adalah tujuh tips gaya hidup untuk membantu mencegah kanker.

Jangan menghisap tembakau

Advertisement

Merokok dikaitkan dengan banyak jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, kotak suara, pankreas, kandung kemih, serviks, dan ginjal. Bahkan berada di sekitar perokok pasif dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Namun, bukan hanya merokok saja yang berbahaya. Mengunyah tembakau juga dikaitkan dengan kanker mulut, tenggorokan, dan pankreas.

Makan makanan sehat

Meskipun makan makanan sehat tidak dapat dipastikan untuk pencegahan kanker, namun memungkinkan dapat mengurangi risikonya.

Konsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan lain dari sumber tanaman seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. selain itu, batasi gula rafinasi dan lemak dari sumber hewani. Selain itu, Anda sebaiknya menghindari alkohol dan daging olahan.

Pertahankan berat badan yang sehat

Berada pada berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, prostat, paru-paru, usus besar dan ginjal. Selain itu, aktivitas fisik juga penting. Selain membantu mengontrol berat badan, aktivitas fisik sendiri dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.

Lindungi dari Matahari

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling umum dan salah satu yang paling dapat dicegah. Coba hindari Matahari tengah hari, tutupi kulit Anda dan gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, bahkan pada hari berawan.

BACA JUGA: Ada Penumpang Bercanda soal Ancaman Bom, Pelita Air Surabaya-Jakarta Telat Terbang

Vaksinasi

Melindungi diri dari infeksi virus tertentu dapat membantu melindungi dari kanker. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan tentang mendapatkan vaksinasi: a. Hepatitis B. Hepatitis B dapat meningkatkan risiko terkena kanker hati. Orang dewasa yang berisiko tinggi terkena hepatitis B adalah orang-orang yang berhubungan seks dengan lebih dari satu pasangan, orang-orang yang memiliki satu pasangan seksual yang berhubungan seks dengan orang lain, dan orang-orang dengan infeksi menular seksual. b. Human papillomavirus (HPV). HPV adalah virus menular seksual yang dapat menyebabkan kanker serviks dan kanker genital lainnya serta kanker sel skuamosa pada kepala dan leher. Vaksin HPV direkomendasikan untuk anak perempuan dan laki-laki berusia 11 dan 12 tahun.

Hindari perilaku berisiko

Anda sebaiknya melakukan seks yang aman. Batasi jumlah pasangan seksual dan gunakan kondom. Semakin besar jumlah pasangan seksual dalam hidup, semakin besar kemungkinan terkena infeksi menular seksual, seperti HIV atau HPV. Selain itu, jangan berbagi jarum. Menyuntikkan obat dengan jarum bersama dapat menyebabkan HIV, serta hepatitis B dan hepatitis C dapat meningkatkan risiko kanker hati.

Jalani perawatan medis reguler

Melakukan pemeriksaan mandiri secara teratur dan melakukan skrining untuk kanker seperti kanker kulit, usus besar, leher rahim dan payudara dapat meningkatkan menemukan kanker lebih awal. Hal itu membuat pengobatan kemungkinan besar akan berhasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement