Advertisement

Perpanjang usia & Bikin Lebih Sehat, Pupuk Rasa Percaya Diri sejak Dini

Maria Elfika Simplisia
Selasa, 03 Oktober 2023 - 22:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Perpanjang usia & Bikin Lebih Sehat, Pupuk Rasa Percaya Diri sejak Dini Harga diri yang sehat berkontribusi pada motivasi, tekad, dan kemampuan kita untuk mengejar tujuan - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Pribadi yang percaya diri dan tangguh cenderung hidup lebih lama dan sehat. Lalu apa rahasia untuk dapat membangun rasa  percaya diri?

Dikutip future learn (3/10/2023) sebuah studi dari Brandeis University di Massachusetts dan University of Rochester di New York mengungkapkan mereka yang percaya diri dan tangguh cenderung hidup lebih lama dan lebih sehat. Penelitian ini menemukan mereka yang memiliki rasa kontrol yang tinggi (lebih percaya diri) tampaknya meniadakan risiko kematian yang disebabkan oleh tingkat pendidikan yang lebih rendah. Maka sangat penting menanamkan kepercayaan diri dalam hidup.

Advertisement

Jika kamu merasa kurang percaya diri, ada beberapa cara yang umum disarankan untuk membangunnya. Salah satu cara mudah untuk membangun kepercayaan diri adalah dikelilingi orang-orang positif. Memberi diri dikelilingi orang-orang positif akan memberi kamu kesempatan belajar dan menerima diri sehingga kepercayaan diri muncul secara spontan.

Ini cara agar Anda bisa lebih percaya diri:

1. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Teori perbandingan sosial menjelaskan bahwa melakukan perbandingan adalah hal yang wajar, tetapi itu tidak mungkin membantu meningkatkan kepercayaan diri kamu. 

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara rasa iri dan perasaan  terhadap diri sendiri. Para peneliti mencatat bahwa ketika seseorang membandingkan dirinya dengan orang lain, mereka akan merasa iri, semakin mereka iri, semakin buruk perasaan mereka terhadap diri mereka sendiri.

tips agar percaya diri

2. Kelilingi Diri Dengan Orang-orang Positif

Orang-orang yang menghabiskan waktu bersama dapat memengaruhi pemikiran dan sikap tentang diri kamu. Jadi, perhatikan bagaimana perasaan orang lain terhadap kamu. Jika kamu merasa tidak enak pada diri sendiri setelah bergaul dengan orang tertentu, maka hal tersebut tidak baik.

Sebaliknya, kelilingi diri dengan orang-orang yang menyayangi kamu dan menginginkan yang terbaik untuk kam. Carilah orang lain yang positif dan dapat membantu membangun kepercayaan diri kamu. 

3. Jaga Tubuh

Tips untuk menjadi lebih percaya diri ini didasarkan pada gagasan bahwa sulit untuk merasa nyaman dengan diri sendiri jika kamu menyalahgunakan tubuh. 

Berikut adalah beberapa praktik perawatan diri yang dikaitkan dengan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi: 

• Diet 

Makan sehat memberikan banyak manfaat, termasuk tingkat kepercayaan diri dan harga diri yang lebih tinggi. 

• Olahraga

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa latihan fisik meningkatkan rasa percaya diri. Misalnya, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa aktivitas fisik secara teratur meningkatkan citra tubuh partisipan dan ketika citra tubuh membaik, individu merasa lebih percaya diri.

• Meditasi 

Lebih dari sekedar latihan relaksasi, meditasi dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dalam beberapa cara. Pertama, ini membantu kamu mengenali dan menerima diri sendiri. Meditasi juga mengajarkan kamu untuk menghentikan pembicaraan negatif pada diri sendiri dan memutuskan hubungan dari obrolan mental yang mengganggu kepercayaan diri.

• Tidur 

Kurang tidur dapat berdampak buruk pada emosi. Sebaliknya, kualitas tidur yang baik dikaitkan dengan ciri-ciri kepribadian positif, termasuk optimisme dan harga diri.

meditasi meningkatkan kepercayaan diri

4. Bersikap Baik

Hal ini memungkinkan kamu menjadi lebih fleksibel secara emosional dan membantu menavigasi emosi yang menantang dengan lebih baik, meningkatkan hubungan dengan diri sendiri dan orang lain.

5. Latihan Self-Talk yang Positif

Pembicaraan diri sendiri yang negatif dapat membatasi kemampuan dan mengurangi kepercayaan diri dengan meyakinkan alam bawah sadar kamu bahwa kamu tidak dapat menangani sesuatu atau bahwa itu terlalu sulit dan kamu tidak boleh mencobanya.  Sebaliknya, pembicaraan pada diri sendiri yang optimis dapat menumbuhkan rasa welas asih dan membantu mengatasi keraguan diri serta menghadapi tantangan baru.

6. Hadapi Ketakutan

Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri  dalam situasi ini adalah dengan menghadapi ketakutan kamu secara langsung. 

cara meningkatkan kepercayaan diri

7. Lakukan Hal-Hal Dikuasai

Sebuah penelitian menemukan bahwa percaya pada kemampuan untuk membangun kekuatan pribadi berhubungan dengan tingkat kepuasan hidup diimulai dengan mengidentifikasi apa saja kekuatan-kekuatan tersebut. Kemudian, berusahalah untuk menjadikan mereka lebih kuat dengan berinteraksi secara teratur.

Jika kamu mahir dalam olahraga tertentu, misalnya, usahakan untuk berlatih atau bermain setidaknya sekali seminggu. Jika pandai melakukan tugas tertentu di tempat kerja, cobalah melakukan tugas itu lebih sering. Hal ini akan membantu kamu semakin percaya diri.

8. Tahu Kapan Harus Mengatakan Tidak

Meskipun melakukan hal-hal yang kamu kuasai dapat meningkatkan kepercayaan diri, penting juga untuk mengenali situasi yang dapat menyebabkan kepercayaan diri menurun. 

Mengatakan tidak pada aktivitas yang cenderung merusak rasa percaya diri adakah hal yang tidak masalah.  Menetapkan batasan sosial dan emosional memungkinkan kamu merasa lebih aman secara psikologis. Ini juga dapat membantu kamu merasa lebih terkendali. Rasa percaya diri sebagian adalah perasaan bahwa kamu memiliki kendali atas hidup Anda. 

9. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Mengejar tujuan sering kali melibatkan kegagalan beberapa kali sampai kamu menemukan apa yang berhasil. 

Menetapkan tujuan yang memiliki jangkauan tinggi dan gagal mencapainya terbukti merusak tingkat kepercayaan diri. Sebaliknya, buatlah tujuan yang realistis dapat dicapai dan semakin  mencapai tujuan, semakin besar kepercayaan diri dan kemampuan kamu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden PKS Ahmad Syaikhu Diusulkan Jadi Cagub DKI Jakarta

News
| Sabtu, 27 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement