Advertisement

Apa Saja Manfaat Air Mineral bagi Kesehatan, Berikut Penjelasannya

Salma Permata Dewi
Kamis, 25 Mei 2023 - 09:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Apa Saja Manfaat Air Mineral bagi Kesehatan, Berikut Penjelasannya Manfaat minum air putih - Men's Health

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Cairan pada tubuh bisa didapatkan dari air minum, seperti air mineral.

Dilansir dari Healthline, air mineral berasal dari reservoir dan mata air bawah tanah alami yang merupakan sumber baik dari beberapa mineral penting, termasuk kalsium, magnesium, dan natrium. Air mineral banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Advertisement

BACA JUGA: Sudah Tercemar, Ini Bahaya Air Sumur Jogja Jika Dikonsumsi

Menurut Food and Drug Administration (FDA), air mineral harus memiliki tidak kurang dari 250 bagian per juta (ppm) dari total padatan terlarut, mineral dan elemen jejak, dari sumbernya. 

Air mineral juga dapat diolah untuk menghilangkan zat yang berpotensi beracun seperti arsenik jenis dan jumlah mineral tergantung dari mana air itu berasal sehingga membuat air mineral memiliki manfaat yang beragam. Tidak hanya itu, rasa dari air mineral berbeda-beda tergantung dari sumbernya.

manfaat minum air mineral

Dilansir dari Medical News Today, jika air mineral dibandingkan dengan air keran, air keran mengandung mineral tambahan, termasuk kalsium, magnesium, dan potasium.

Air keran yang keras memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi dan dianggap oleh sebagian orang lebih menyehatkan. Namun, mineral dalam air sadah membentuk endapan yang dapat menimbulkan korosi pada pipa atau membatasi aliran.

Berikut beberapa manfaat air mineral bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Air mineral telah terbukti memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh dapat menyerap kalsium dari air mineral lebih efektif dari produk susu.

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa disebabkan karena kurang asupan kalsium dan magnesium. Air mineral dapat menjadi sumber yang baik dari kedua nutrisi tersebut. Mengonsumsi air mineral dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

manfaat minum air putih

3. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

Air mineral berkarbonasi juga dapat melindungi dari penyakit jantung. Magnesium dalam air mineral dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Satu penelitian mengaitkan kadar magnesium yang lebih tinggi dalam air dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung.

4. Membantu mengatasi sembelit

Magnesium menarik air ke dalam usus dan melemaskan otot-otot usus. Jika digabungkan, ini membuat tinja lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan. Meskipun demikian, asupan cairan yang cukup, terlepas dari kandungan mineralnya, telah terbukti meningkatkan pencernaan dan membantu menjaga pergerakan usus secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement