Advertisement

Deteksi Kondisi Kesehatanmu dari 8 Tanda Kuku Ini

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 28 April 2023 - 21:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Deteksi Kondisi Kesehatanmu dari 8 Tanda Kuku Ini Cat kuku - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kuku salah satu bagian tubuh yang kerap kali diabaikan sebagian orang. Sebagian lainnya menaruh perhatian untuk menunjang penampilan, entah dengan rajin memotong kuku atau bahkan sampai rajin melakukan nail art.

Bagian tubuh yang berfungsi melindungi ujung jari dan terbuat dari protein bernama keratin, yang ditemui pula pada rambut dan kulit, ternyata mampu memberikan tanda terkait kondisi kesehatan seseorang.

Advertisement

Kuku yang sehat ditandai dengan warna merah mudah, tidak mudah patah, dan memiliki kutikula.

Ada pula delapan tanda kuku yang dapat mendeteksi kondisi kesehatanmu melansir dari Healthline:

1. Rapuh, pecah-pecah, atau kering

Kondisi kuku ini yang paling sering dialami kebanyakan orang disebut juga sebagai onychoschizia. Penyebabnya ialah basah lalu dikeringkan berulang kali misalnya akibat sering mencuci piring. Kondisi ini bisa jadi pertanda hipotiroidisme atau kekurangan zat besi.

2. Lemah dan mudah patah

Kuku yang sering dalam keadaan lembap dan terpapar bahan kimia seperti deterjen, cairan pembersih, maupun akibat perawatan dan penghapus cat kuku. Kondisi ini terjadi karena kuku kekurangan kalsium, vitamin B, zat besi, atau asam lemak.

3. Muncul garis beau

Garis beau ialah tonjolan atau gelombang kecil yang muncul secara horizontal atau vertikal dari ujung kuku ke kutikula. Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan selama tidak ada perubahan warna pada kuku. Kemunculan in bisa disebabkan karena infeksi kuku, efek dari kemoterapi, atau memungkinkan tanda penyakit ginjal.

4. Mengelupas

Kuku yang sering mengelupas bisa disebabkan secara internal maupun eksternal. Jika secara internal ini pertanda tubuh kekurangan zat besi. Sedangkan secara eksternal biasanya diakibatkan cat kuku atau merendam tangan terlalu lama dalam air sabun. Penanganan secara eksternal cukup sederhana yakni gunakan losion yang melembapkan kuku.

5. Menguning

Usai menghapus cat kuku kamu menemui kuku jadi menguning hal tersebut pertanda kuku mengalami infeksi atau reaksi dari produk yang digunakan, seperti cat kuku. Dalam kondisi yang lebih parah kuku menguning juga pertanda dari kondisi tiroid, psoriasis, atau diabetes.

6. Muncul garis hitam

Garis hitam yang terkadang tampak bewarna coklat atau merah tua, bisa jadi tanda bekas trauma yang dialami misalnya akibat terjepit pintu. Meski kasus ini jarang terjadi memungkinkan seseorang mengalami psoriasis, endokarditis, atau melanoma kuku.

7. Bintik putih

Saat masa sekolah seringkali kita menemui adanya bintik putih pada kuku, kondisi ini menandakan tubuh kekurangan zinc namun bisa juga terjadi karena reaksi alergi, infeksi jamur atau cedera pada kuku.

8. Tidak ada garis setengah bulan

Garis setengah bulan tidak terlihat di pangkal kuku-mu? Sebenarnya bukan masalah besar karena tidak semua orang memilikinya dan seringkali garis ini bersembunyi di bawah kulit. Namun bisa pula menjadi pertanda tubuh mengalami malnutrisi, anemia, hingga depresi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyidik Kasus Harun Masiku yang Terima Perintah di Luar KPK Bakal Dipecat

News
| Sabtu, 22 Juni 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement