Advertisement

Ingin Tetap Sehat Usai Lebaran? Lakukan Hal Berikut Ini

Elsa Hayati Sukma
Rabu, 26 April 2023 - 09:37 WIB
Jumali
Ingin Tetap Sehat Usai Lebaran? Lakukan Hal Berikut Ini Ilustrasi kesehatan.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Lebaran menjadi momentum untuk kumpul keluarga dan menyantap makanan khas lebaran bersama-sama. Makanan tersebut terdiri dari ketupat, Opor, Ayam, Rendang, Semur dll.

BACA JUGA: Nafsu Makan Bisa Naik Turun, Ini Penyebabnya

Advertisement

Makanan-makanan tersebut tentu ada disetiap satu tahun sekali yang menjadi salah satu makanan khas yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Namun, makanan tersebut mengandung tinggi lemak dan kolesterol yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Nafsu makan yang meningkat saat lebaran dapat menyebabkan orang yang memiliki riwayat penyakit seperti kolesterol, diabetes, dan darah tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Hal tersebut tentu dapat dicegah saat pasca lebaran dengan menerapkan kembali pola hidup sehat setelah lebaran. Berikut enam tips mengembalikan gaya hidup sehat pasca lebaran agar kondisi tubuh kembali sehat dilansir melalui thehealthymuslim.com dan dayravaria.com yaitu:

1. Kontrol pola makan

Mengontrol pola makan pasca lebaran merupakan hal yang sangat penting agar terhindar dari berbagai macam penyakit kesehatan terutama makanan yang mengandung santan seperti opor dan rendang.

Mengontrol pola makanan dengan porsi lebih sedikit akan mengurangi risiko penyakit kolesterol, diabetes dan darah tinggi. Mulailah dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah serta protein hewani, dan pastikan untuk menghindari makanan yang dapat memicu kembali datangnya penyakit seperti santan dan gorengan agar tubuh Anda tetap sehat pasca lebaran.

2. Puasa Intermiten

Saat lebaran mengkonsumsi makanan secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Puasa intermiten tentu baik dilakukan pasca lebaran untuk mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi selama lebaran.

Untuk mendapatkan manfaat puasa intermiten yang dapat dilakukan dengan makan pertama pada jam 12 malam dan tidak makan apapun setelah jam 8 malam. Hal ini dapat untuk memperbaiki pola makan selama lebaran dan mengurangi makanan yang tidak sehat selama lebaran serta mencegah terjadinya obesitas dan penyakit lainnya pasca lebaran.

3. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung banyak manfaat serat, vitamin, dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat dalam buah dan sayur dapat menurunkan beberapa penyakit seperti kolesterol dan gula darah serta memperlancar sistem pencernaan.

Untuk itu mengkonsumsi buah dan sayur pasca lebaran merupakan hal yang penting untuk mencegah terjadinya penyakit pada kesehatan tubuh.

4. Minum Air yang cukup

Saat puasa tubuh kekurangan cairan selama 12 jam yang dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Untuk itu minum air putih yang cukup pasca lebaran merupakan hal yang baik agar tubuh tetap terhidrasi dan membantu tubuh untuk membatasi konsumsi minuman manis yang dapat mengakibatkan kadar gula darah meningkat.

5. Membuat jadwal aktivitas

Saat puasa tubuh tidak makan dan minum selama 12 jam, saat itu pula banyak orang yang lebih memilih untuk tidak banyak melakukan aktivitas agar tubuh tidak kekurangan energi.

Saat lebaran tubuh mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak dan minyak yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Penting untuk Anda kembali membuat jadwal aktivitas rutin agar kembali produktif pasca lebaran untuk menghindari penyakit-penyakit yang datang pasca lebaran.

6. Olahraga

Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh, berolahraga tentu penting untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri pada tubuh dan mempertahankan tingkat energi. Hal ini penting untuk melakukan olahraga pasca lebaran setelah mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung santan, minyak untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak yang berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Serangan Ransomware, 86 Layanan di PDNS Dilaporkan Pulih

News
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Pelajar yang Berani Baca Puisi Bisa Gratis Masuk Destinasi Wisata Ini

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement