Advertisement

Mengenal 8 Sajian Khas Kue Lebaran di Seluruh Dunia

Tri Indah Lestari (ST22)
Rabu, 05 April 2023 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengenal 8 Sajian Khas Kue Lebaran di Seluruh Dunia Maamoul, kue lebaran khas Timur Tengah. - Adobe

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lahir dan besar di Indonesia membuat kita banyak mengenal beragam jenis kue kering Lebaran seperti lidah kucing, nastar, kastengel, kue semprit, kuping gajah, dan masih banyak lagi.

Namun perlu kamu ketahui bahwa menyajikan kue terbaik di meja tamu bukan hanya tradisi warga Indonesia. Umat muslim di belahan dunia pun demikian. Pastinya kue atau kudapan yang disajikan berbeda.

Advertisement

Kira-kira apa saja sajian kue khas Lebaran dari seluruh dunia? Apakah dominan manis atau gurih? Berikut ulasannya:

1. Maamoul, Timur Tengah

Maamoul, kue kering manis berisi kurma, kacang kenari, atau pistachio yang dilapisi gula halus ini punya aroma asam segar yang berasal dari air jeruk. Maamoul biasa tersaji saat Lebaran di negara seperti Suriah dan Lebanon. Sedangkan di Irak, Sudan, dan Mesir kue lebih dikenal dengan sebutan kleicha.

2. Lokum atau Turkish Delight, Turki

Lokum atau dikenal pula sebagai “Turkish delight” salah satu kue favorit saat Idulfitri di Turki. Kue dengan tekstur kenyal dan rasa manis ini terbuat dari campuran pati, gula, serta isian lain seperti kurma, pistachio, hazelnut, dan kenari. Lokum mewarnai meja lebaran dengan berbagai warna yang begitu menggoda.

Baca juga: Hindari Sejak Dini, Penyebab Kanker Usus Besar di Usia Muda

3. Spice Cookies, AS

Terinspirasi dari kue jahe Natal, sebagian besar Muslim di Amerika Serikat dengan membuat kue berpadu dengan rempah-rempah yang dipotong membentuk bulan sabit atau masjid. Kue jahe kini bukan pertanda Natal namun juga Idulfitri di negeri Paman Sam.

4. Spicy Fekkas, Maroko

Kue yang menemani orang Maroko saat Lebaran tiba ini selain tepung juga menggunakan rempah-rempah sebagai salah satu bahannya. Uniknya kue Lebaran ini juga terdiri dari daging, sayuran, keju dan memiliki cita rasa sedikit pedas.

5. Kahk, Mesir

Jika hari terakhir Ramadan di Indonesia disibukkan membuat ketupat, opor, rendang, dan ragam menu lain, keluarga Mesir bersama-sama membuat Kahk. Kue kering diolah dari tepung terigu, garam, gula, biji wijen, cengkeh, bubuk kayu manis kemudian dicampur dengan susu dan mentega cair hingga adonan siap dibentuk. Kue manis nan renyah ini biasanya berisi kurma atau kacang-kacangan.

6. Tufahija, Bosnia

Sajian manis khas Bosnia ini terbuat dari apel kupas yang direbus dalam air gula dengan isian kacang kenari dan almond yang dihaluskan. Tufahija biasanya disajikan dalam gelas besar atau mangkuk lalu dipercantik dengan krim kocok lalu disiram sirup atau taburan potongan kacang.

7. Qurabiya, Iran

Biskuit lebaran khas Iran terbuat dari kacang almond, gula, telur, dan tambahan potongan kacang pistachio dan almond sebagai isian. Selain Iran, Qurabiya banyak pula ditemui di negara bekas Kekaisaran Utsmaniyah dengan versi yang berbeda-beda.

8. Cambaabur, Somalia

Sajian kue mirip pancake atau martabak mini menjadi roti lebaran khas Somalia. Cambaabur biasanya terbuat dari tepung terigu, dibumbui dengan bawang putih dan merah, kunyit, jinten, habba sauda, dan rempah-rempah lainnya. Roti yang dilipat menjadi segitiga ini akan disajikan dengan yogurt dan taburan gula halus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement