Advertisement

Bikin Sendiri yuk, Kue Nastar Enak Bisa untuk Lebaran

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 18 Februari 2023 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bikin Sendiri yuk, Kue Nastar Enak Bisa untuk Lebaran Ilustrasi kue kering./Bisnis Indonesia - Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jika kita berkunjung ke supermarket atau swalayan, beberapa di antaranya sudah mulai menjual makanan untuk Lebaran. Seperti kue dalam toples, kue kering, sirup dan masih banyak lagi. 

Untuk kue kering, sebenarnya kita bisa membuat sendiri di rumah karena kita bisa mendapatkan resepnya dengan mudah di internet. 

Advertisement

Kue kering menjadi sajian khas yang selalu terhidang saat Lebaran. Perpaduan rasa manis dan asam dari selai nanas membuat semua kalangan menyukai makanan ini. 

Ibu rumah tangga, home industry, hingga pabrik kue kini sudah mulai membuat kue kering ini. Resepnya mudah ditemui dimanapun sehingga bisa dipraktikkan di rumah masing-masing.

Resep nastar sudah jadi resep turun temurun yang diturunkan oleh masyarakat Indonesia di setiap generasinya. Dilansir dari frisianflag.com, resep nastar ini diketahui sudah ditemui sejak zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Nama nastar sendiri juga ternyata diambil dari serapan bahasa Belanda dari gabungan kata ananas yang berarti nanas serta taartjes yang berarti tart. Nama nastar digunakan agar mudah dilafalkan oleh masyarakat Indonesia.

Meskipun identik sebagai kue lebaran, Anda sebetulnya bisa kapan saja mengolah resep nastar lembut sesuai dengan keinginan. Salah satu keunikan yang ditawarkan kue nastar adalah di balik bagian luar yang renyah, terdapat selai nanas di dalamnya yang lembut dan lezat. Paduan tersebut menghadirkan cita rasa yang unik di lidah.

Anda bisa mengolah resep nastar secara otentik dan klasik ataupun dengan kombinasi bahan makanan lainnya yang dapat menarik perhatian lebih sekaligus menambah cita rasa dari legitnya kue kering ini. Dalam mengolah resep nastar di rumah, Anda tidak membutuhkan alat masak yang terlalu canggih atau mahal. Namun, pastikan Anda punya alat panggang seperti oven kompor atau oven elektrik, serta loyang panggang yang memadai untuk bisa membuat nastar yang cukup bagi seluruh anggota di rumah. Berikut adalah beberapa resep nastar anti retak yang bisa Anda coba dengan mudah di rumah.

Berikut adalah beberapa resep nastar anti retak yang bisa Anda coba dengan mudah di rumah.

Resep nastar klasik

Salah satu resep nastar yang cukup populer dan mudah diolah di rumah adalah nastar klasik. Resep nastar klasik merupakan resep kue nastar favorit yang sering hadir menghiasi hari raya setiap tahunnya. Cita rasa yang khas dan otentik dengan karakteristik legit dan lembut membuat orang gemar untuk mengonsumsinya sebagai hidangan penutup seusai menyantap hidangan utama khas lebaran. Tidak jarang juga nastar klasik dimakan sebagai camilan bersantai setelah seharian penuh bersilaturahmi di waktu lebaran. Buat Anda yang rindu rasa nastar klasik khas lebaran, berikut adalah resep nastar klasik anti retak yang mudah untuk dicoba.

Bahan nastar klasik:

150 gr Margarin
50 gr Mentega
40 gr Gula halus
1 butir Telur
25 gr susu bubuk Frisian Flag Full Cream
300 gr Tepung Terigu
Selai nanas - untuk bahan isian
Kuning telur - untuk olesan

Cara membuat nastar klasik:

Masukkan margarin 150 gr ke dalam mangkok, mentega 50 gr, gula halus 40 gr lalu aduk sampai halus
Masukkan telur 1 butir dan aduk kembali, masukkan susu bubuk Frisian Flag Full Cream 25 gr, tepung terigu 300 gr lalu aduk merata
Tambahkan selai nanas untuk isian nastar secukupnya ke dalam adonan yang sudah dibuat, lalu bentuk bulat-bulat, oleskan kuning telur diatasnya, masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 150 derajat celcius selama 30-35 menit dan nastar siap untuk dihidangkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Waspada! Hujan dan Angin Kencang Diprediksi Melanda DKI Jakarta

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement