Advertisement

Ini 8 Tradisi Ramadan Unik di Indonesia

Hana Fathina
Selasa, 21 Maret 2023 - 06:17 WIB
Arief Junianto
Ini 8 Tradisi Ramadan Unik di Indonesia Tradisi Ramadan di indonesia - Kemenpan RB

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam terbanyak di dunia, Ramadan jadi momen yang ditunggu oleh banyak orang. Selain jadi ladang ibadah, bulan suci Ramadan yang datangnya hanya satu kali dan juga ikonik dengan berbagai hal.

Kamu juga perlu mengetahui apa saja tradisi Ramadan di Indonesia. 

Advertisement

Menjelang Ramadan seperti ini banyak tradisi unik dari berbagai daerah di Indonesia. Tradisi unik tersebut sesuai dengan adat istiadat turun temurun dari masing-masing daerah yang dilestarikan hingga saat ini.  

BACA JUGA:  Ribuan Warga Serbu Waterboom Jogja untuk Padusan

Berikut ini adalah beberapa tradisi Ramadan di Indonesia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Nyadran di Jawa Tengah

Tradisi Ramadan di indonesia yang pertama berasal dari Jawa Tengah. Di Jawa Tengah ada juga tradisi yang bernama Nyadran yang dilakukan menjelang Ramadan. Pada momen ini banyak masyarakat yang melakukan ziarah kubur, bersih desa atau makam, makan bersama, selamatan hingga sedekah bumi.

Padusan di Boyolali

Untuk mensucikan diri, orang-orang akan mandi atau berendam dari sumber mata air yang dianggap keramat. Tempat padusan ini beragam, bisa di laut, sumber mata air, atau lainnya. Salah satu tempat yang jadi langganan masyarakat Boyolali untuk tradisi padusan adalah kompleks wisata Pemandian Umbul Pengging. 

Nyorog di Betawi

Tradisi Ramadan di indonesia selanjutnya berasal dari Betawi. Biasanya orang yang lebih muda akan memberi bingkisan kepada yang lebih tua. Tujuannya untuk menghormati yang lebih tua sembari menyambut bulan puasa. Bingkisan yang diberikan beragam jenisnya. Mulai dari sembako, makanan atau yang lainnya. 

Meugang di Aceh

Di tradisi ini, masyarakat Aceh akan memasak daging sehari sebelum puasa Ramadhan lalu dimakan bersama keluarga. Selain dengan keluarga, biasanya orang-orang juga mengundang makan masyarakat kurang mampu untuk menyantap daging bersama. 

Malamang di Sumatra Barat

Malamang merupakan salah satu tradisi turun temurun masyarakat Sumatera Barat yang dilakukan oleh kaum ibu-ibu dalam menyambut datangnya Ramadan. Sesuai dengan namanya, Malamang memiliki arti masak lamang yaitu sajian yang terbuat dari beras ketan putih dan santan yang dikukus dalam batang bambu muda.

Pacu Jalur di Riau

Tradisi Ramadhan di Indonesia satu ini sendiri dilakukan dalam bentuk perlombaan mendayung perahu yang dibuat dari kayu pohon. Istilah pacu jalur sendiri datang dari kata jalur yang berarti perahu dalam bahasa penduduk setempat.

Ziarah Kubro di Palembang

Tradisi ini diartikan sebagai ziarah kubur tersebut merupakan kegiatan mengunjungi makam para ulama dan pendiri Kesultanan Palembang Darussalam atau waliyullah secara massal. Meskipun dilaksanakan secara massal, tradisi ini hanya dikhususkan untuk kaum laki-laki.

Magengan di Jawa Timur

Tradisi Ramadan di indonesia yang terakhir ini ditandai dengan selamatan yang diadakan di masjid dan dihadiri oleh para warga di sekitarnya. Dalam Magengan, seorang ustaz akan memimpin doa untuk memohon keselamatan dan kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa. 

Itulah beberapa tradisi Ramadhan di Indonesia yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KKP Klaim Tren Impor Produk Perikanan Menurun hingga Juni 2024

News
| Rabu, 24 Juli 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement