Advertisement

Coba 5 Cara Ini untuk Mengembalikan Jam Tidur yang Terbalik

Tri Indah Lestari (ST22)
Minggu, 26 Februari 2023 - 03:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Coba 5 Cara Ini untuk Mengembalikan Jam Tidur yang Terbalik Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Aktivitasmu berubah seperti kelelawar ataupun burung hantu yang aktif di malam hari lalu tidur di pagi atau siang hari? Efek jangka pendeknya memang mengantuk dan sulit konsentrasi. Sementara untuk efek jangka panjang yakni selain kurang tidur, tubuh tidak lagi bekerja secara optimal.

Melansir dari Erveryday Health pola tidur yang buruk memiliki efek negatif lainnya seperti melemahnya sistem imun, menurunkan kesehatan mental serta fungsi seksual bahkan peningkatan risiko penyakit kronis seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, obesitas, dan banyak lagi.

Advertisement

Baca juga: Gawat! Polusi Udara Bikin Perempuan Osteoporosis

Oleh karenanya perhatikan lima cara ini untuk memperbaiki jam tidur yang terbalik seperti sedia kala:

1. Atur waktu tidur kembali dengan kesabaran

Tidur lebih awal atau melanjutkan tidur memang lebih sulit dibandingkan menunda tidur namun bukan berarti tidak mungkin. Untuk kembali ke jam tidur yang optimal, cobalah untuk tidur lebih awal kemudian bangun di pagi hari 5-15 menit lebih awal setiap hari secara bertahap dan konsisten dalam satu minggu penuh.

2. Jangan tidur siang, bahkan saat merasa lelah

Tidur siang dapat mengganggu tidur di malam hari. Gantilah waktu tidur siangmu dengan melakukan aktivitas seperti olahraga, selain mengusir rasa kantuk harapannya tubuh akan terasa lelah saat malam hari dan tidur pun jadi lebih mudah.

3. Perhatikan makanan dan minuman sebelum tidur

Menjelang waktu tidur hindari makanan atau camilan yang mengandung banyak gula, terutama minuman dengan kandungan kafein, alkohol atau minuman bersoda, apalagi makanan pedas dan asam karena dapat menyebabkan mulas atau asam lambung meningkat. Jika merasa lapar, lebih baik mengonsumsi jus ceri asam atau kiwi sejam atau setengah jam sebelum tidur, dimana keduanya telah terbukti meningkatkan kualitas tidur.

4. Atur suasana hati dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Sebelum tidur cobalah untuk mandi air hangat lalu dengarkan musik yang menenangkan. Pastikan pula tempat tidur Anda nyaman dengan ruangan gelap yang mampu meningkatkan melatonin hormon yang membuat ngantuk, dan atur suhu ruangan menjadi sejuk namun tidak terlalu dingin maupun panas.

5. Konsultasikan ke dokter

Jika cara di atas tidak efektif atau tak membantu jam tidurmu kembali membaik maka segera konsultasikan ke dokter umum yang nantinya dapat merujuk ke dokter spesialis. Demi kesehatan jangka panjang, sebelum tubuh semakin memburuk dan mengundang penyakit kronis ke tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yordania Tegaskan Larang Wilayah Udaranya Jadi Medan Tempur Iran vs Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement