Advertisement

Tips Hemat Konsumsi BBM di Tengah Kenaikan Pertamax

Amanda Kusumawardhani
Kamis, 07 April 2022 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Hemat Konsumsi BBM di Tengah Kenaikan Pertamax /camudi.co.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamax mulai 1 April 2022 mau tak mau akan mempengaruhi pengeluaran masyarakat, terutama bagi mereka yang terbiasa menggunakan BBM jenis itu sebelumnya. 

Akibat kondisi tersebut, terjadi pergeseran konsumsi dari Pertamax ke Pertalite karena pengguna kendaraan mencari harga BBM yang lebih murah. Selain mengganti jenis BBM, ternyata ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghemat konsumsi BBM, dilansir Duitpintar.com, Kamis (7/4/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berikut adalah tips menghemat konsumsi BBM kendaraan

1. Hemat BBM dengan Naik Angkutan Umum

Langkah pertama dalam melakukan hemat BBM adalah mengurangi pemakaian bahan bakar pada kendaraan pribadi.

Jika untuk membeli bensin kendaraan roda empat, anda membutuhkan biaya sekitar Rp76.000 per hari atau Rp2,2 juta per bulan.

Maka dengan menaiki angkutan umum, anda dapat menghemat konsumsi bensin menjadi yang biasa membeli setiap hari menjadi dua kali dalam sebulan yakni Rp76.000ribu x 2 = Rp152.000.

Dengan demikian, selain telah melakukan penghematan energi, anda juga menghemat pengeluaran anggaran sebesar Rp2,48 juta untuk BBM. Alhasil, dana yang biasa dialokasikan untuk membeli BBM bisa anda gunakan untuk naik angkutan umum. Jauh lebih hemat, bukan!

Langkah lainnya yang dapat dilakukan adalah, bisa beralih menggunakan sepeda atau berjalan kaki saat pergi ke tempat yang dekat. Selain menghemat BBM, langkah ini juga bisa menyehatkan tubuh.

2. Jaga Kondisi Mesin dengan Servis Berkala

Kondisi kendaraan yang buruk akan menyedot penggunaan BBM menjadi lebih banyak dari biasanya. Karena itu, penting untuk setiap pemilik mobil melakukan servis kendaraan secara rutin.

Merawat mesin secara rutin akan memperbaiki performanya secara efektif. Penggantian komponen mesin yang sudah aus dan memang perlu diganti juga akan memengaruhi efisiensi bahan bakar.

Beberapa komponen seperti busi, sensor udara, filter bensin hingga bearing harus rutin diganti agar mesin bekerja dengan efisien. Selain lebih hemat bahan bakar, mesin yang dirawat secara berkala akan lebih hemat dikarenakan kerusakan yang terjadi tidak terlalu berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement