Advertisement

Bunda Ingat, Kelebihan Berat Badan Dapat Meningkatkan Komplikasi Kesehatan Selama Kehamilan

Newswire
Selasa, 08 Oktober 2024 - 12:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Bunda Ingat, Kelebihan Berat Badan Dapat Meningkatkan Komplikasi Kesehatan Selama Kehamilan Ibu Hamil, Wanita Hamil, Kehamilan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Kelebihan berat badan bisa meningkatkan komplikasi kesehatan selama kehamilan. Demikian studi yang dilakukan oleh para peneliti di Linköping University dan Karolinska Institutet di Swedia.

Para peneliti di Linköping University dan Karolinska Institutet memeriksa risiko komplikasi kesehatan yang dihadapi oleh perempuan hamil yang kelebihan berat badan, termasuk orang-orang yang lahir di Swedia dan mereka yang pindah ke sana.

Advertisement

BACA JUGA: Bagi Ibu Hamil dan Menyusui, Hindari Penggunaan Skincare Mengandung Bahan Berbahaya

"Mereka mengevaluasi hampir dua juta kehamilan dan berfokus pada delapan komplikasi yang bisa mempengaruhi ibu atau bayi semasa kehamilan dan persalinan," demikian dikutip dalam siaran Medical Daily pada Selasa (8/10/2024).

Komplikasi yang diteliti meliputi preeklampsia, diabetes gestasional, kematian bayi dalam tahun pertama kelahiran, kelahiran prematur, kelahiran sangat prematur, dan skor APGAR, yang digunakan untuk menilai kondisi bayi baru lahir.

Para peneliti juga mempertimbangkan risiko yang terkait dengan memiliki bayi besar atau bayi kecil.

Menurut para peneliti, komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional bisa dicegah kalau perempuan memiliki berat badan normal ketika mulai hamil.

"Sebagai contoh, kami menyimpulkan sekitar setengah kasus diabetes gestasional bisa dicegah. Kondisi ini berlaku bagi perempuan yang lahir di Swedia dan di luar negeri," kata Maryam Shirvanifar, penulis pertama hasil studi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak berat badan terhadap komplikasi selama kehamilan bervariasi.

Misalnya, berat badan tinggi lebih berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes gestasional dibandingkan dengan masalah terkait kehamilan lainnya.

Hasil studi yang dipublikasikan di The Lancet Public Health itu menunjukkan bahwa berat badan yang sehat berpotensi mencegah komplikasi kehamilan pada semua perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gerindra Ungkap Hari dan Tanggal Prabowo Umumkan Nama-nama Menteri

News
| Rabu, 09 Oktober 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement