Advertisement

Pentingnya Banyak Minum Air Putih di Usia 50 Tahun ke Atas

Redaksi
Minggu, 22 September 2024 - 12:07 WIB
Ujang Hasanudin
Pentingnya Banyak Minum Air Putih di Usia 50 Tahun ke Atas Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Minum air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh, bahkan disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter dalam sehari untuk terhindar dari dehidrasi dan kerusakan organ.

Namun, masih banyak orang yang tidak mengikuti aturan 8 gelas. Padahal, anda perlu minum lebih banyak air untuk melumasi sendi, menyeimbangkan suhu tubuh, dan membuang zat sisa dari tubuh.

Advertisement

Menurut artikel tahun 2023 di Nutrients, mulai usia 40 tahun, ginjal mulai kehilangan kemampuannya untuk menyimpan air, sehingga mulai sulit untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Setelah mencapai usia 65 tahun, penurunan fungsi ginjal akan semakin cepat. Ini merupakan salah satu alasan mengapa kalangan lansia lebih rentan terhadap dehidrasi.

Alasan lain yang menyebabkan lansia rentan terhadap dehidrasi adalah kecenderungan mengonsumsi banyak obat. Metformin dan obat-obatan serupa yang digunakan untuk mengobati diabetes dapat memengaruhi kadar hidrasi lansia dan memicu lebih seringnya buang air kecil.

BACA JUGA: Ingin Sehat, Ini Waktu yang Tepat Minum Air Putih

Seiring dengan bertambahnya usia, tulang rawan yang melindungi sendiri juga akan mulai rusak. Tulang rawan terdiri dari 80% air. Jadi, saat anda mengalami dehidrasi, tubuh berisiko menarik cairan dari sendi untuk menjalankan fungsi lainnya.

Dilansir dari healthline.com, inilah 12 cara mudah untuk minum lebih banyak air:

1. Pahami terlebih dahulu kebutuhan cairan anda

Kebutuhan untuk mengonsumsi air ini bergantung pada tingkat aktivitas, lokasi, serta status kesehatan. Jika anda berolahraga secara teratur, bekerja di luar ruangan, atau tinggal di daerah beriklim panas, sangat memungkinkan bagi anda untuk minum lebih banyak air.

2. Tetapkan target harian

Hanya dengan menetapkan target harian, anda akan termotivasi untuk minum lebih banyak air. Anda dapat menggunakan teknik SMART (Specific, Measureable, Attainable, Realistic, Time-bound) atau dengan kata lain target harian anda harus ditetapkan dengan Spesifik, Terukur, Dapat dicapai, Realistis, dan Tepat Waktu.

3. Selalu bawa botol air yang dapat diisi ulang

Membawa botol air sepanjang hari akan membantu anda minum air lebih banyak. Anda dapat dengan mudah minum air dalam situasi apa pun. Selain itu, botol yang selalu ada bersama anda dapat menjadi pengingat visual untuk selalu minum air.

4. Atur pengingat

Anda dapat mengatur pengingat untuk minum lebih banyak air menggunakan aplikasi atau pun alarm. Misalnya, anda dapat mengatur pengingat setiap 30 menit, atau atur pengingat untuk menghabiskan air dan mengisinya kembali di jam berikutnya.

5. Ganti minuman lain dengan air putih

Gantilah minuman soda atau pun minuman olahraga dengan air putih. Minuman-minuman seperti ini sering kali mengandung gula tambahan yang dapat merugikan kesehatan anda. Mengganti minuman yang mengandung tinggi gula dengan air putih juga dapat mengurangi kalori, sehingga dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan.

6. Minumlah segelas air putih sebelum makan

Jika anda makan 3 kali sehari, minum air putih sebelum makan dapat menambahkan sekitar 720 ml pada asupan air harian anda. Hal ini juga efektif dilakukan untuk membantu anda mengetahui apakah anda benar-benar merasa lapar.

7. Dapatkan filter air

Meskipun berbeda dengan Amerika Serikat yang sebagian besar air, termasuk air kerannya dapat dengan nyaman diminum. Anda tetap dapat menggunakan filter air di rumah untuk menyaring dan menjaga kualitas air anda di rumah.

8. Tambahkan rasa pada air anda

Jika anda lebih suka ada sedikit rasa pada air anda, anda dapat coba menggunakan botol air infuser. Anda dapat menggunakan kombinasi buah yang sesuai dengan selera anda untuk dimasukan ke dalam botol infuser dan menambahkan rasa pada air anda.

9. Minumlah satu gelas air per jam saat beraktivitas

Jika anda beraktivitas 8 jam sehari, minum segelas air setiap jam anda beraktivitas. Dengan begitu, anda meminum total 8 gelas air atau setara dengan 1.920 ml air selama anda beraktivitas.

10. Minumlah sepanjang hari

Minum seteguk air putih secara konsisten sepanjang hari akan menjaga mulut agar tidak kering. Minum banyak air putih sepanjang hari juga dapat menjaga napas anda tetap segar.

11. Makan makanan yang banyak mengandung air

Anda dapat coba untuk memakan buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan tinggi air. Di antaranya, seperti Selada (96%), Seledri (95%), Zucchini (95%), Kubis (92%), Semangka (91%), Melon (90%), dan Melon Madu (90%).

12. Minum segelas air saat bangun dan sebelum tidur

Segelas air dingin di pagi hari dapat membantu membangunkan anda. Selain itu, minum air putih sebelum tidur dapat mencegah anda bangun tidur dengan keadaan mulut kering dan bau mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Identitas 7 Mayat yang Ditemukan di Kali Bekasi Belum Diketahui

News
| Minggu, 22 September 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement