Advertisement

Teh Tawar Membantu Tuguh Relaks, Menurunkan Tingkat Stres

Mia Chitra Dinisari
Senin, 08 Juli 2024 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Teh Tawar Membantu Tuguh Relaks, Menurunkan Tingkat Stres Teh celup - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Khasiat yang dikandung teh bakal lebih optimal dan maksimal jika diseduh dan diminum tanpa gula alias tawar. Teh tawar punya banyak manfaat bagi tubuh jika diminum dalam porsi yang disarankan.

Dikutip dari laman jambiprov.go.id, disebutkan teh tawar merupakan minuman yang diseduh dari daun teh tanpa tambahan gula atau pemanis buatan.

Advertisement

Proses pembuatannya yang sederhana ini menjadikan teh tawar pilihan yang sehat dan rendah kalori. Teh tawar juga dikenal kaya akan antioksidan, vitamin, dan senyawa-senyawa bermanfaat lainnya.

Meski demikian, ahli gizi merekomendasikan konsumsi teh tawar sekitar dua hingga tiga cangkir sehari. Ini cukup untuk merasakan manfaatnya tanpa risiko konsumsi berlebih.

Selain itu, bagi wanita hamil atau yang memiliki masalah kesehatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi teh secara berlebihan.

Berikut ragam manfaat teh tawar untuk kesehatan tubuh:

Anti-Kanker yang Kuat

Dunia modern penuh dengan tantangan kesehatan, dan teh tawar hadir sebagai perisai alami kita. Dengan kandungan polifenol dan antioksidannya, terutama dalam teh hijau dan teh hitam, teh tawar dikenal dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini adalah pertahanan yang kokoh terhadap risiko kanker.

Melancarkan Pencernaan

Teh tawar hangat tidak hanya menyajikan kenikmatan, tetapi juga dapat merangsang sistem pencernaan. Dengan membantu melancarkan proses buang air besar, teh tawar secara rutin dapat membantu mengatasi masalah sembelit.

BACA JUGA: Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas dengan Jarak Luncur hingga 1,3 Kilometer

Melindungi Kesehatan Jantung

Penelitian telah membuktikan bahwa minum teh tawar secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung. Ini disebabkan oleh sifat anti-inflamasi teh, yang membantu melancarkan aliran darah di arteri dan mengurangi risiko peradangan yang dapat menyebabkan pembekuan darah.

Bebas Kalori

Sebagai alternatif tanpa kalori yang baik untuk tubuh selain air mineral, teh tawar membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Tanpa beban kalori tambahan, Anda dapat menikmati secangkir teh tawar tanpa khawatir mengganggu program penurunan berat badan Anda.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan antioksidan atau katekin dalam teh tawar dapat membuat otot-otot dalam pembuluh darah lebih rileks, sehingga berdampak pada penurunan tekanan darah. Jenis teh tertentu, seperti teh hijau, teh bunga sepatu, dan teh oolong, bahkan dianggap dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Mencegah Tulang Keropos

Tidak hanya baik untuk jiwa, teh tawar juga memberikan perlindungan untuk tulang. Jenis teh tertentu, seperti teh daun kelor, terbukti mengandung kalsium lebih tinggi dari susu. Zat besi, vitamin A, dan vitamin K dalam teh tawar juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah risiko tulang keropos.

Menurunkan Kolesterol

Studi menunjukkan bahwa konsumsi empat cangkir atau lebih teh hijau tawar setiap hari dapat mengurangi risiko kadar kolesterol jahat. Kandungan flavonoid dalam teh membantu menurunkan kadar kolesterol yang berpotensi merugikan bagi kesehatan jantung.

Menurunkan Kadar Hormon Stres

 

Dengan kandungan L-theanin yang unik, teh tawar mampu membawa tubuh dan pikiran kita ke tingkat relaksasi yang luar biasa. Rasanya yang halus meredakan stres, memperbaiki mood, dan bahkan meningkatkan kinerja otak. Kandungan teh tawar dapat bermanfaat untuk kesehatan mental, tetapi juga dapat mengurangi risiko depresi dan demensia.

Meningkatkan Energi

Walaupun mengandung sedikit kafein dibandingkan dengan teh hitam, teh tawar tetap dapat membantu meningkatkan energi. Kafein dalam teh, bersama dengan asam amino, dapat memberikan dorongan fokus dan energi yang dibutuhkan untuk menghadapi hari yang penuh aktivitas.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi mereka yang sedang dalam perjalanan penurunan berat badan, teh tawar dapat menjadi teman setia. Tanpa tambahan gula, teh tawar membantu mengontrol asupan kalori dan asam amino di dalamnya memberikan sinyal pada tubuh untuk membakar lemak.

Menyeimbangkan Gula Darah

Kebiasaan baik minum teh tawar tidak hanya tentang kenikmatan, tetapi juga tentang menjaga kesehatan. Polifenol yang terkandung dalam teh, seperti teh hijau dan teh oolong, dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Ini bukan hanya kabar baik bagi penderita diabetes, tetapi juga langkah preventif bagi yang ingin menjaga gula darah tetap terkendali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Anggaran Makan Siang Gratis Dijatah Rp7.500 per Anak, Menteri Keuangan Bilang Begini

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement