Advertisement

Enam Vitamin Ini Baik untuk Kesehatan Jantung

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 19 Juni 2024 - 11:37 WIB
Maya Herawati
Enam Vitamin Ini Baik untuk Kesehatan Jantung Vitamin - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Risiko terkena penyakit jantung bisa meningkat karena beberapa faktor, pola makan yang tidak sehat adalah salah satunya.

Sesuai data Organisasi Kesehatan Dunia, penyakit kardiovaskular memakan korban jiwa lebih dari 17 juta nyawa setiap tahun.

Advertisement

Ada kelompok makanan tertentu yang perlu Anda fokuskan untuk mencegah penyakit jantung, dan salah satu kelompok tersebut adalah vitamin. Berikut ragam jenis vitamin yang baik untuk jantung Anda dilansir dari healthshot:

Vitamin D

Dikenal sebagai vitamin sinar matahari, vitamin ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Treatment Options in Cardiovaskular Medicine menemukan bahwa rendahnya kadar vitamin D dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Memiliki cukup vitamin D dapat membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular. Meskipun paparan sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik, Anda juga dapat memasukkan makanan seperti makanan berminyak, daging merah, hati, kuning telur, dan makanan yang diperkaya untuk meningkatkan asupan vitamin D.

Vitamin B6

Juga dikenal sebagai piridoksin, vitamin B6 adalah salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh Anda agar tetap sehat. Kekurangan vitamin B6 dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, kata sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Sub-cellular Biochemistry.

Ini membantu mengurangi kadar homosistein, sejenis asam amino yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Daging babi, ikan, kacang tanah, oat, pisang, susu, beberapa sereal sarapan yang diperkaya, kedelai, dan bibit gandum merupakan sumber vitamin B6 yang baik.

BACA JUGA: Uji Coba Pembayaran Tiket Secara Digital di Pantai Gunungkidul Dimulai Bulan Depan

Vitamin B12

Sama seperti vitamin B6, vitamin B12 penting untuk menurunkan kadar homosistein dalam darah. Kekurangan vitamin B12 telah dikaitkan dengan kondisi yang disebut hyperhomocysteinemia, yang kemungkinannya dapat dikurangi dengan asupan makanan kaya vitamin B12 yang tepat, ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine. Sertakan ikan, susu, keju, telur, sereal sarapan yang diperkaya, dan daging dalam makanan Anda.

Vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk penyakit kardiovaskular. Dikenal karena sifat antioksidannya, vitamin C membantu melindungi dinding arteri dari kerusakan, mengurangi peradangan, dan mencegah oksidasi kolesterol LDL, yang merupakan faktor kunci dalam perkembangan aterosklerosis, kata Dr Chandra. Anda harus makan buah jeruk, paprika, stroberi, brokoli, kubis brussel, kentang, dan blackcurrant.

Vitamin E

Antioksidan kuat lainnya, vitamin E membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah secara keseluruhan dengan menjaga elastisitas pembuluh darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Therapeutics menemukan bahwa memasukkan makanan kaya vitamin E dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit kardiovaskular. Minyak gandum, almond, biji bunga matahari, kacang pinus, alpukat, selai kacang, ikan, dan paprika merah, merupakan makanan kaya vitamin E.

Vitamin K

Penting untuk pembekuan darah, vitamin K juga membantu mencegah pengapuran arteri, sehingga mengurangi risiko penyakit arteri koroner, jelas Dr Chandra. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Nutrition Reports, vitamin K membantu menjaga penyakit kardiovaskular, terutama pada orang yang memiliki pasien penyakit ginjal berisiko tinggi dan kronis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: 12 Orang Meninggal Akibat Tanah Longsor Tambang Ilegal Solok

News
| Sabtu, 28 September 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement