Advertisement

Viral, Ada Rapper Bisu dan Tuli dari Kongo

Lajeng Padmaratri
Rabu, 12 Juni 2024 - 16:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Viral, Ada Rapper Bisu dan Tuli dari Kongo MC Baba, seorang seniman rap yang bisu dan tuli. - Free Press Journal

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Media sosial dihebohkan dengan kemunculan MC Baba, seorang seniman rap yang bisu dan tuli. Karena keunikannya, rapper asal Kongo ini pun banyak diperbincangkan di media sosial.

Dilansir dari Free Press Journal, MC Baba membuat gebrakan dengan secara terbuka memperkenalkan deaf hop atau musik rap tuli. Dengan pendekatan musiknya, ia dijuluki sebagai rapper tuli pertama dari Republik Demokratik Kongo.

Advertisement

BACA JUGA: Cara Unik Angkut Pisang di Kosta Rika, Layaknya Perlintasan Kereta Api

Di media sosial, netizen terlihat menyemangatinya dengan memberikan tanda suka pada video musiknya yang berbeda dari lagu biasanya. Rapper Kongo, MC Baba kini menjadi sensasi internet dengan banyak video rapnya menjadi viral di TikTok dan platform online lainnya.

Internet menyebut dia sebagai "Rapper Terhebat yang pernah ada," dan membandingkannya dengan artis arus utama yang ada, hanya untuk mengklaim bahwa Baba melakukannya tidak seperti orang lain. Misalnya, komentar di video musiknya membandingkannya dengan penyanyi mapan seperti Shatta Wale dari Ghana, Bad Bunny dari Puerto Rico, dan beberapa lainnya.

Rap tuli memang belum terlalu populer. Warren Snipes adalah salah satu penulis dan rapper tunarungu terkenal, yang lebih dikenal sebagai "Wawa." Dia menampilkan 'Dip Hop,' yang merupakan genre musik unik yang mengacu pada hip hop yang diproduksi oleh artis tuli. Beberapa nama rapper tuli dan artis hip-hop lainnya antara lain Sean Forbes dan Marko Vuoriheimo. Kini MC Baba kini telah bergabung dengan artis-artis tersebut di dunia musisi tuli.

BACA JUGA: Fakta Menarik Jalan Raya Terlebar di Dunia, Butuh Lebih dari 4 Menit untuk Menyeberang

Dengan kondisi disabilitas, MC Baba teguh dalam bermusik. Salah satu lagu yang menyita perhatian netizen adalah Biso Love milik MC Baba.

Namun, ada juga yang tidak terkesan dengan musik MC Baba. Mereka menganggap trek suaranya kurang sesuai dengan standar rap yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Anggaran Makan Siang Gratis Dijatah Rp7.500 per Anak, Menteri Keuangan Bilang Begini

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement