Advertisement

Segudang Manfaat Saffron untuk Kesehatan Kulit, Mampu Lawan Efek Panas di Musim Kemarau

Newswire
Selasa, 30 April 2024 - 14:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Segudang Manfaat Saffron untuk Kesehatan Kulit, Mampu Lawan Efek Panas di Musim Kemarau Bunga Saffron Khasmir. (ANTARA Jatim - HO/Andik Setiawan)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sinar matahari dapat merusak kesehatan dan penampilan kulit. Salah satu obat alami yang memiliki manfaat luar biasa adalah saffron yang dapat menjaga kulit tetap bersinar dan sehat selama musim panas.

Dikutip laman Hindustan Times, Selasa, Ayush Aggarwal, Pendiri Rasayanam mengatakan saffron dapat dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit kita untuk melawan efek panasnya musim panas atau kemarau (red), karena memiliki senyawa seperti crocin dan crocetin, yang memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Advertisement

Ekstrak saffron dalam lotion tabir surya juga dapat meningkatkan nutrisi pada kulit. Selain itu, sifat anti inflamasi pada saffron juga dapat membantu mengurangi warna coklat dan pigmentasi akibat paparan sinar matahari.

BACA JUGA: Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Risikonya bagi Tubuh

Anda bisa mencoba membuat masker wajah dengan saffron untuk mengatasi warna kulit yang tidak merata karena paparan sinar matahari dengan mencampurkan saffron, susu dan yogurt, oleskan ke wajah dan tunggu 10-15 menit.

Penggunaan secara teratur dapat membantu mencerahkan flek hitam dan meratakan warna kulit.

Saffron juga dapat membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit, mencegahnya menjadi terlalu kering atau berminyak selama musim panas atau kemarau.

Caranya dengan menyeduh air dengan beberapa helai dan minumlah keesokan harinya untuk minuman yang menyegarkan. Cairan ini tidak hanya menghidrasi tubuh tetapi juga meningkatkan kilau alami dari dalam.

Terkait perawatan kulit di musim panas atau kemarau, pakar perawatan kulit Mansi Sharma, mengatakan yang pertama adalah asupan air setiap hari, lalu pola perawatan kulit.

BACA JUGA: Tips Menjaga Pola Hidup bagi Penderita Glaukoma

"Baik sebagai pengobatan topikal atau dimasukkan dalam makanan, saffron terbukti sangat diperlukan dalam rutinitas perawatan kulit musim panas (kemarau-red). Dari masker wajah yang merevitalisasi hingga toner yang menenangkan dan minyak wajah yang mewah, keserbagunaannya sangat menonjol," kata Sharma dikutip dari Antara.

Cara termudah untuk memasukkan saffron ke dalam rutinitas kulit harian musim panas (kemarau) adalah dengan mencampurkan beberapa helai saffron ke dalam air, mencampurkannya dengan madu, dan Anda sudah menyiapkan masker wajah yang mencerahkan.

"Karena sifat anti inflamasinya, membantu mengurangi ruam/iritasi pada kulit. Beberapa bahan yang direkomendasikan untuk digunakan bersama kunyit adalah kayu cendana, madu, dan susu, untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bersinar," kata Saloni Gupta, Penata Rias.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : ANTARA

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ShariaCoin Luncurkan Tabungan Emas Syariah Pertama di Indonesia, Ini Keunggulannya

News
| Selasa, 21 Mei 2024, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement