Advertisement

Kandungan Vitamin C pada Paprika Lebih Tinggi Dibandingkan Jeruk

Newswire
Minggu, 17 Maret 2024 - 22:17 WIB
Maya Herawati
Kandungan Vitamin C pada Paprika Lebih Tinggi Dibandingkan Jeruk Paprika / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sayuran paprika biasanya dijadikan hiasan atau tambahan pada makanan. Ditulis laman Eating Well, Sabtu (16/3/2024), satu buah paprika merah berukuran sedang (kira-kira 119 gram) mengandung nutrisi seperti vitamin C 152 miligram dan kandungan tinggi vitamin A.

Manfaat mengonsumsi paprika secara rutin dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dengan menurunkan peradangan dalam tubuh atau mengurangi risiko terjadinya peradangan sama sekali.

Advertisement

"Paprika mengandung antioksidan seperti karotenoid dan antosianin yang membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Ini penting untuk peradangan dan pencegahan kanker," ucap Erika Barrera, MPH, RDN , ahli diet terdaftar dan pendidik kesehatan kepada Eating Well.

Kandungan karotenoid dalam paprika, termasuk zeaxanthin dan lutein, juga dapat membantu melindungi kesehatan mata Anda dan mendukung penglihatan yang sehat. Zeaxanthin adalah antioksidan yang menumpuk di bagian mata yang disebut makula yang membantu melindungi dari kerusakan akibat sinar biru.

BACA JUGA: Pengeras Suara Ramai Dibicarakan, Begini Aturannya di Beberapa Negara

Penelitian lain menunjukkan bahwa zeaxanthin juga dapat memberikan perlindungan antioksidan untuk jantung, hati, dan kulit.

Menurut Krista Wale, RD, ahli diet terdaftar dan pendiri Louisiana Nutrition Associates, memasukkan paprika ke dalam makanan harian berpotensi memberikan banyak nutrisi bagi tubuh, terutama untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Paprika merah menyediakan vitamin C hampir tiga kali lebih banyak dibandingkan jeruk.

Mengonsumsi paprika dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mencegah hilangnya memori terkait usia. Sebuah penelitian menemukan bahwa flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid yang ditemukan dalam paprika dapat membantu mencegah kehilangan memori yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer.

Paprika juga sebagai sumber serat yang menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk pencernaan yang lebih baik, peningkatan kesehatan jantung, dan tingkat energi yang stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tetangga Sebut Polisi yang Ditemukan Tewas dengan Luka Tembak Adalah Orang baik dan Suka Bergaul

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement