Advertisement

Kebiasaan Merokok Tingkatkan Resiko Terkena Katarak

Newswire
Rabu, 13 Maret 2024 - 07:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Kebiasaan Merokok Tingkatkan Resiko Terkena Katarak Ilustrasi katarak (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kebiasaan merokok bisa memperbesar risiko penyakit katarak atau pengaburan lensa mata. Benarkah?

Praktisi kesehatan masyarakat RSUD Tamansari Jakarta Barat Ngabila Salama mengatakan merokok banyak mengandung radikal bebas yang mempercepat kerusakan sel dan proses degeneratif atau penuaan termasuk lensa mata.

Advertisement

BACA JUGA: Jadwal Imsak, Salat Subuh dan Buka Puasa untuk Jogja dan Sekitarnya Rabu 13 Maret 2024

"Lensa mata jadi cepat keruh dan ini memicu potensi terkena katarak," kata Ngabila yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Tamansari, dikutip Rabu (13/3/2024).

Sebelumnya dari hasil skrining RSUD Tamansari pada 5 Maret 2024 saat kegiatan operasi katarak, mayoritas pasiennya merupakan perokok.

Ngabila menyebut kandungan nikotin, karbonmonoksida dan tar pada rokok meningkatkan stres oksidasi, selain itu tembakau juga mengandung logam berat seperti kadmium, timbal, dan tembaga yang menumpuk dalam lensa.

"Itu yang menyebabkan kerusakan secara langsung dan aldehida dan isosianat yang terbentuk dari sianida dapat mengubah struktur protein lensa yang menyebabkan terjadinya kekeruhan dalam lensa yang berdampak dalam pembentukan katarak," ungkap Ngabila.

dia juga mengatakan bahwa selain merokok, ada sejumlah sebab lain terjadinya katarak.

"Kami menemukan pasien operasi katarak saat ini lebih muda dan cepat usia 20-40 tahun karena merokok, sering terkena sinar matahari langsung tanpa pelindung kacamata atau topi atau payung," kata Ngabila.

Hal tersebut, lanjut dia, ditambah dengan jarang mengonsumsi sayur dan buah. "Yang fungsinya sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas," ujar Ngabila.

Diketahui, sebanyak 41 orang berhasil menjalani operasi katarak pada kegiatan Bakti Sosial Katarak yang dilakukan RSUD Tamansari, Jakarta Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement