Advertisement

Kasus Langka, Tenggorokan Pria Ini Robek Gara-gara Menahan Bersin

Lajeng Padmaratri
Senin, 18 Desember 2023 - 10:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Kasus Langka, Tenggorokan Pria Ini Robek Gara-gara Menahan Bersin Kasus tenggorokan robek akibat menahan bersin. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, DUNDEE—Seorang pria di Kota Dundee, Skotlandia, mengalami robek pada tenggorokannya akibat menahan bersin sambil menutup hidung dan mulut.

Kasus medis ini diklaim menjadi yang pertama kali terjadi di dunia. Kejadian ini dialami pria berusia 30 tahun yang tidak disebutkan namanya di Rumah Sakit Ninewells di Dundee.

Advertisement

BACA JUGA: Langka, Perempuan Ini Punya Dua Rahim dan Kini Hamil di Keduanya

Melansir Oddity Central, ia dilaporkan mengalami kesakitan yang parah dan dilarikan ke rumah sakit, setelah mencoba menahan bersin dengan mencubit hidung dan menutup mulut saat mengemudi.

Rupanya, jika Anda melakukan hal seperti itu, tekanan di saluran napas bagian atas bisa meningkat sekitar 20 kali lipat, sehingga bisa berujung pada cedera serius termasuk pecahnya gendang telinga, aneurisma, bahkan patah tulang rusuk.

Dalam kasus pria tersebut, tekanannya begitu besar hingga menyebabkan robekan kecil dengan ukuran 2 milimeter di tenggorokannya, yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Robekan tenggorokan, yang secara medis dikenal sebagai “perforasi trakea spontan” adalah cedera langka dan berpotensi mengancam nyawa.

BACA JUGA: Fenomena Unik, Air Sebuah Kolam di Hawaii Berubah Warna Menjadi Pink

Begitu pria itu diperiksa, dokter mendengar suara berderak samar dari dalam tenggorokannya, menandakan ada sesuatu yang tidak beres. Beruntung, kondisi tersebut tidak mengganggu pernapasan, kemampuan menelan, maupun berbicara.

Setelah diagnosa, pasien itu diputuskan tidak perlu menjalani operasi. Setelah dirawat selama dua hari, ia dipulangkan dan diberikan obat pereda nyeri dan obat demam, dengan anjuran untuk tidak melakukan aktivitas berat selama dua minggu. 

Kasus ini menjadi peringatan untuk semua orang agar tidak menahan bersin dengan menutup hidung dan mulut, karena berpotensi berbahaya bagi organ dalam, bahkan menyebabkan kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement