Advertisement

Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah agar Bebas dari Utang

Newswire
Rabu, 29 November 2023 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah agar Bebas dari Utang Memanjatkan doa / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Utang menjadi persoalan yang melilit kehidupan masyarakat dan memengaruhi kehidupan sosialnya. Utang piutang juga menjadi masalah sosial yang berat dan mengubah banyak hal dalam kehidupan. Namun Anda bisa pelan-pelan terbebas dari utang dengan usaha dan disiplin ketika membayarnya, juga diiringi doa agar segala urusan segera lancar.

Seperti dikutip dari jatim.nu.or.id, menurut Siti ‘Aisyah, Rasulullah SAW selalu berlindung kepada Allah agar terlepas dari jeratan utang, sebagaimana yang diriwayatkan al-Humaidi dalam Musnad-nya, nomor hadits 246. 

Advertisement

Dan berbagai macam ikhtiar tentunya harus dilakukan agar segera bisa melunasi utang, termasuk ikhtiar doa. Salah satunya adalah dengan doa yang pernah diajarkan Rasulullah SAW kepada seorang sahabat Anshar, sebagaimana yang diriwayatkan Abu Dawud, nomor hadis 1555.

BACA JUGA: JJLS di Gunungkidul Jadi, Akses Warga di Kawasan Pesisir Bisa Lebih Cepat

Disebutkan oleh Abu Sa‘id al-Khudri, pada suatu hari, Rasulullah SAW masuk ke masjid. Ternyata di sana sudah ada seorang laki-laki Anshar yang bernama Abu Umamah. Beliau kemudian menyapanya: Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu salat? Abu Umamah menjawab: “Kebingungan dan utang-utangku yang membuatku (begini), ya Rasul.”

Beliau kembali bertanya: “Maukah kamu jika aku ajarkan suatu bacaan yang jika kamu membacanya, Allah akan menghapuskan kebingunganmu dan memberi kemampuan melunasi utang?”

Umamah menjawab: “Tentu, ya Rasul. Nabi melanjutkan: Jika memasuki waktu pagi dan sore hari, maka bacalah:  

[Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl]

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.    

Abu Umamah menuturkan: “Setelah aku mengamalkan doa itu [doa terbebas dari utang], Allah benar-benar menghilangkan kebingunganku dan memberi kemampuan melunasi utang.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : nu.or.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement