Advertisement

Duh, Baru 2,8% Masyarakat Indonesia yang Menyikat Gigi dengan Benar

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 13 September 2023 - 06:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Duh, Baru 2,8% Masyarakat Indonesia yang Menyikat Gigi dengan Benar Ilustrasi pemeriksaan kesehatan gigi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagian besar masyarakat Indonesia belum menyikat gigi dengan benar. Berdasarkan data, baru 2,8% masyarakat yang sudah melakukan gosok gigi secara benar. 

Padahal menggosok gigi dengan cara yang benar merupakan salah satu cara untuk mencegah berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. 

Advertisement

”Hanya 2,8 persen masyarakat yang telah menggosok gigi dengan benar dan dilakukan setidaknya dua kali sehari di waktu sebelum tidur dan sesudah sarapan,” jelas Head of Profesional Marketing Personal Care Unilever Indonesia, drg. Ratu Mirah Afifah dalam peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023, seperti dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (12/9/2023). 

Masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menyikat gigi yang benar ini berpengaruh terhadap tingginya masalah gigi dan mulut. Salah satunya adalah gigi berlubang/karies yang mencapai 88 persen. Hal tersebut semakin diperparah dengan rendahnya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan gigi mulutnya ke dokter gigi secara rutin setiap tahunnya.

Baca juga: Bansos Dinilai Tak Efektif Turunkan Harga Beras, Ini Solusi yang Ditawarkan Pengusaha 

“Ternyata 95,5 persen masyarakat Indonesia mengaku tidak pernah ke dokter gigi selama setahun,” ungkapnya.

Dekan FKG UGM sekaligus ketua AFDOKGI, Prof. drg. Suryono, S.H., M.M., Ph.D., menyampaikan menyikat gigi tidak boleh dilakukan secara asal. Pemilihan sikat gigi harus sesuai dengan ukuran mulut, menggosok gigi dengan lembut, dan jenis bulu sikat disesuaikan dengan kondisi gigi dan gusi.

“Kalau bisa pilih bulu sikat yang lebut karena kalau yang keras bisa merusak atau mengikis lapisan email gigi,” jelasnya.

Data di Indonesia hanya 2,8% masyarakat yang menggosok gigi dengan benar. Namun di DIY sudah mencapai 6%. "Kondisi tersebut tak lepas dari upaya yang dilakukan FKG UGM, pemerintah daerah dan para mitra terkait yang gencar mengedukasi masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah satunya dengan menggosok gigi dengan baik dan benar," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mahkamah Pidana Internasional Diminta Tegas Bertindak Terhadap Israel

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement