Advertisement

Seger Bener, Ini Minuman Penyegar yang Sehat saat Cuaca Terik

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 21 Juli 2023 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Seger Bener, Ini Minuman Penyegar yang Sehat saat Cuaca Terik Ilustrasi minuman segar. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memasuki musim kemarau, Jogja dilanda cuaca panas yang sangat terik setiap harinya. Selain kulit menjadi gosong dan kering, panas membuat tenggorokan terasa lebih cepat kering akibat tubuh kekurangan cairan.

Rasanya minum air putih saja tak cukup untuk melepas dahaga. Akan tetapi terlalu sering minum es seperti es campur, es doger, es oyen, berpotensi mengalami radang tenggorokan karena tambahan pemanis buatan.

Advertisement

Tenang, ada solusi mudah dan sehat untuk memuaskan dahaga saat panas melanda. Simak beberapa minuman penyegar dan sehat berikut ini yang bisa kamu buat sendiri di rumah:

Es kelapa jeruk peras

Air kelapa diketahui dapat membantu mengembalikan cairan tubuh berkat kandungan elektrolitnya. Dimana cairan dan elektrolit yang hilang dari tubuh akan digantikan oleh elektrolit air kelapa, bahkan diketahui kandungan kalium dalam air kelapa 4 kali lebih tinggi dibandingkan 4 buah pisang.

Sementara jeruk peras kaya kandungan vitamin C baik untuk kesehatan kulit dan imunitas tubuh. Caranya siapkan satu buah kelapa, ambil air serta dagingnya. Kemudian campur dengan perasan sari dari dua atau tiga jeruk, tambahkan gula atau madu serta es batu sesuai selera.

Baca juga: Kenali Manfaat Olahraga 2,5 jam di Akhir Pekan

Es sari tebu

Tak hanya manis nan menyegarkan, sari tebu menyimpan banyak manfaat lain yang baik untuk tubuh, salah satunya membantu hidrasi tubuh lewat 79% kandungan airnya.

Segelas air tebu atau setara 240 ml mengandung 180 kalori, 30 gram gula namun terhitung memiliki indeks glikemik yang rendah yakni sekitar 43. Selain itu, sari tebu juga rendah lemak yang dapat membantu mengurangi berat badan.

Es timun serut

Timun ialah buah dengan kandungan air mencapai 95% tentu menjadi pilihan tepat untuk mengembalikan hidrasi tubuh. Timun juga baik untuk saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol sebab kaya serat bahkan kandungan kalium dan natrium dinilai baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Kami dapat membuat es timun serut dari satu buah timun ukuran sedang, lalu serut halus memanjang, tambahkan air, 30 ml sirup melon atau sesuai selera, dan biji selasih serta tak lupa es batu secukupnya. Bisa pula ditambahkan daun mint agar makin terasa segar.

Lassi buah

Lassi ialah olahan minuman khas Punjabi di Pakistan dan India yang berbahan dasar yoghurt. Satu gelas lassi klasik dibuat dengan memblender campuran yoghurt bersama air, garam atau gula, es, dan rempah-rempah khas Pakistan atau India. Namun lassi juga dapat dipadukan dengan buah-buah seperti alpukat, pisang, mangga, buah beri, atau daun mint segar, dan lainnya.

Faktanya, lassi lima kali lebih efektif dan menghidrasi dibandingkan soda dan karena terbuat dari yoghurt, minuman ini dapat merangsang enzim dan bakteri baik sehingga membantu sistem pencernaan tetap sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bupati Sidoarjo Akhirnya Ditahan KPK

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement