Advertisement

Kenali Manfaat Olahraga 2,5 jam di Akhir Pekan

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 20 Juli 2023 - 16:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali Manfaat Olahraga 2,5 jam di Akhir Pekan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Olahraga selama 2,5 jam di akhir pekan diketahui memiliki manfaat yang sama seperti melakukan olahraga seminggu penuh bagi kebugaran tubuh, berdasarkan sebuah penelitian baru.

Para peneliti dari Rumah Sakit Umum Massachusetts melaporkan melalui Insider, menimbang data dari 89.573 orang dewasa di Inggris menggunakan akselerometer yang melacak aktivitas atau mencatat gerakan mereka selama seminggu meliputi jogging, bersepeda, dan berjalan.

Advertisement

Hasilnya ditemukan bahwa orang yang berolahraga 150 menit seminggu, aktivitas berat 75 menit seminggu, berpotensi lebih rendah mengalami risiko gagal jantung dan stroke dibandingkan rekan mereka yang tidak aktif.

Studi turut menunjukkan tidak masalah jika partisipan berolahraga secara berkala dalam satu minggu maupun berolahraga dalam satu atau dua sesi besar, seperti di akhir pekan.

Baca juga: Kepala Dinas Krido Tersangka Tanah Kas Desa, Sultan Jogja: Dia Tega, Saya Juga Tega

Temuan tersebut didukung oleh penelitian sebelumnya yang mengungkapkan bahwa olahraga di akhir pekan bisa menjadi opsi yang layak bagi mereka dengan jadwal padat di hari kerja untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari olahraga.

"Jika Anda dapat mencapai tingkat yang direkomendasikan pedoman tersebut selama satu hingga dua hari dalam seminggu, maka temuan kami menunjukkan bahwa Anda mendapatkan manfaat yang sama dengan orang yang dapat mendistribusikannya secara lebih merata," ujar Dr. Shaan Khurshid, penulis studi utama.

Penelitian menunjukkan apabila seseorang ingin berolahraga di akhir pekan, setidaknya mereka harus mencapai 2,5 jam dalam satu atau dua hari.

Sementara, studi lain menyatakan aktivitas fisik atau olahraga dengan durasi lebih pendek namun teratur selama hari kerja atau akhir pekan, juga memberikan manfaat bagi kebugaran tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement