Advertisement

Tanda Penuaan Dini, Kulit Mudah Dehidrasi

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 09 Juni 2023 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tanda Penuaan Dini, Kulit Mudah Dehidrasi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kulit yang mudah dehidrasi disebutkan oleh dr Claudia Christin, MBBS, Ph.D pakar dermatologi bisa jadi salah satu tanda penuaan dini pada kulit. Kondisi ini dapat terjadi saat seseorang mulai memasuki usia 25 tahun.

"Para perempuan mungkin kerasa kalau dulu berminyak banget pas remaja. Tapi lama-lama usia 25 tahun, 30 tahun kulit jadi semakin cenderung kering, lebih gampang dehidrasi, kurang air dan itu memang tanda penuaan juga," ujar dr Claudia mengutip dari Antara.  

Advertisement

Kulit yang dehidrasi bisa dikenali dengan kulit terasa kering dan gatal, kusam, hingga elastisitas kulit berkurang. Dimana penyebab umumnya ialah tubuh kekurangan cairan. 

Selain kondisi tersebut ada pula tanda penuaan dini kulit lainnya yakni muncul noda hitam akibat rusaknya respon melanin.

Claudia menyatakan kandungan retinol dapat mengatasi penuaan dini akan tetapi pahami pula aturan penggunaan yang tepat sehingga terhindar dari risiko iritasi.

Baca juga: Rahasia Orang Jepang Bisa Hidup Hingga Lebih dari 100 Tahun

Penelitian Portland State University (2020) memaparkan penggunaan retinol yang berlebihan dan tidak tepat akan memicu iritasi seperti kulit memerah hingga pengelupasan kulit yang berlebihan.

Claudia menambahkan penggunaan retinol harus dibarengi dengan penggunaan tabir surya karena retinol biasanya membutuhkan waktu penyesuaian dalam pemakaiannya.

Essy Prita Cinta, Product Group Manager Pond’s pun turut mengingatkan perempuan terutama pada usia 25 tahun akan mengalami penurunan elastisitas kulit akibat pertambahan usia.

Polusi, paparan sinar UV dengan skala indeks di atas 5, kurangnya waktu tidur, nutrisi yang buruk, merokok serta stres merupakan sejumlah faktor yang mempercepat munculnya tanda penuaan dini pada kulit.

Oleh karenanya penting untuk melakukan perawatan kulit lebih tekun guna mengatasi tanda-tanda penuaan dini maupun masalah kulit lain. Misalnya dengan menggunakan produk berbahan aktif yang efektif mengatasi penuaan dini.

Retinol salah satu bahan aktif yang sudah dipercaya selama puluhan tahun karena kemampuannya menstimulasi produksi kolagen yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini, berdasarkan Penelitian Journal of Drugs in Dermatology (2022)

Penggunaan retinol dapat dibantu dengan kandungan niacinamide yang berfungsi mencerahkan kulit serta menyamarkan noda hitam pada wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement