Advertisement

Besok Harus Kerja, Begini Tips agar Tidur Nyenyak Malam Ini

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 04 Juni 2023 - 23:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Besok Harus Kerja, Begini Tips agar Tidur Nyenyak Malam Ini Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rangkaian libur panjang akhir pekan atau long weekend telah berakhir. Besok, kita akan bertemu dengan Hari Senin kembali. Itu artinya, malam ini kita harus tidur nyenyak agar besok pagi dapat kembali kerja dengan semangat yang baru.

Tidak dimungkiri jika rasa malas untuk kembali bekerja masih terasa. Namun Anda perlu menghilangkannya agar esok hari dapat bekerja dengan penuh semangat. 

Advertisement

Kunci agar bisa bersemangat kembali adalah dari kualitas tidur yang perlu kita jaga. Bagaimana agar tidur malam ini berkualitas?

Dilansir dari Alodokter, berikut ini caranya:

Baca juga: Tawuran di Jalan Kusumanegera Jogja Minggu Malam, Massa Saling Lempar Batu

1. Batasi waktu tidur siang

Tidur siang diketahui baik untuk tubuh. Namun, jangan tidur siang terlalu lama sebab bisa menjadi penyebab sulit tidur di malam hari. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membatasi waktu tidur siang, yaitu tidak lebih dari 20 menit. Anda juga bisa menghindari tidur siang dengan berjalan kaki, minum minuman dingin, atau berbincang dengan keluarga.

2. Hindari menggunakan perangkat elektronik atau gawai sebelum tidur

Hindari bekerja di tempat tidur agar pikiran Anda bisa lebih rileks. Anda juga dianjurkan untuk ‘melupakan’ sejenak berbagai pikiran yang ada hubungannya dengan pekerjaan, deadline, atau ujian. Selain itu, hindari juga penggunaan peralatan elektronik, seperti TV dan telepon genggam saat akan menjelang tidur. Agar tidur bisa menjadi lebih nyenyak, Anda juga sebaiknya mematikan lampu tidur di kamar saat akan tidur.

3. Hindari makan berat menjelang waktu tidur

Makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras, sehingga bisa mengganggu tidur Anda. Jika merasa lapar pada malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan ringan, seperti biskuit, sereal, atau susu. Selain itu, batasi waktu makan, paling lambat satu jam sebelum tidur.

4. Hindari mengonsumsi kopi atau merokok sebelum tidur

Kopi mengandung zat kafein yang dapat membuat Anda menjadi sulit tidur. Meski dipaksakan untuk tidur, Anda bisa terbangun beberapa kali pada malam hari. Hal ini membuat kualitas tidur menurun dan mengurangi waktu tidur.

5. Hindari olahraga berat sebelum tidur

Olahraga dapat menghasilkan efek lelah yang membuat Anda mudah terlelap. Namun, aktivitas ini juga dapat menghasilkan efek segar yang justru membuat tubuh semakin terjaga. Bagi Anda yang sulit tidur setelah berolahraga, disarankan untuk menggantinya dengan relaksasi yang menenangkan, seperti melakukan yoga, membaca buku, berendam air hangat, atau mendengarkan musik.

Bagi Anda yang sudah menikah, berhubungan seksual bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kondisi susah tidur. Berbeda dengan olahraga berat, aktivitas seksual bisa membuat tubuh lebih rileks dan mengundang kantuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement